Sabtu, 23 September 2017 | 05:35 WIB

  • News

  • Hukum

BREAKING NEWS: Setya Novanto Tersangka Kasus Korupsi e-KTP

Ketua DPR Setya Novanto.
Istimewa
Ketua DPR Setya Novanto.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) akhirnya menetapkan Ketua DPR RI Setya Novanto (SN) sebagai tersangka kasus korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik atau e-KTP. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK Jakarta, Senin (17/7/2017).

" KPK menetapkan saudara SN anggota DPR periode 2009-2014 sebagai tersangka," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo. 

"Diduga menguntungkan diri sendiri, atau korporasi, sehingga diduga merugikan negara sekurangnya Rp2,3 triliun," tambah Agus.

Politisi senior Partai Golkar itu sebelumnya telah diperiksa oleh KPK terkait dugaan korupsi yang merugikan negara Rp2,3 triliun.

Setnov diduga memiliki peran dalam proses penganggaran atau pengadaan barang dan jasa. Ketua Umum Partai Golkar ini juga diduga telah mengkondisikan pemenang pengadaan e-KTP.

Setya disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. 

Dalam kasus ini KPK telah menetapkan dua mantan pejabat Kemendagri Irman dan Sugiharto, serta pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong. 

Sebelumnya, pada Jumat (14/7/2017) lalu, Setya Novanto enggan berkomentar banyak soal pemeriksaannya sebagai saksi dalam penyidikan tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan e-KTP.

"Saya yang kayak di dalam fakta persidangan," kata Novanto seusai menjalani pemeriksaan selama sekitar lima jam di gedung KPK, Jakarta, Jumat pekan lalu.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?