• News

  • Internasional

Presiden Trump Pecat Rex Tillerson, Siapkan Kepala CIA Sebagai Penggantinya

Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memberhentikan Sekretaris Negara AS Rex Tillerson.
Salon
Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memberhentikan Sekretaris Negara AS Rex Tillerson.

WASHINGTON DC, NNC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memberhentikan Sekretaris Negara AS Rex Tillerson, dan berencana untuk menunjuk Direktur CIA (Central Intelligence Agency) Mike Pompeo untuk menggantikannya sebagai diplomat tertinggi negara tersebut.

Keputusan ini mengarah pada perubahan besar dalam tim keamanan nasionalnya Trump di tengah perundingan yang sulit AS dengan Korea Utara, menurut pejabat Gedung Putih pada hari Selasa.

Jumat lalu, Trump meminta Tillerson untuk mundur. Tillerson pun memutuskan untuk mempersingkat perjalanannya ke Afrika pada hari Senin untuk kembali ke Washington.

Pompeo akan menggantikan Tillerson di Departemen Luar Negeri AS, sementara wakil direktur CIA Gina Haspel akan menggantikan Pompeo di CIA. Haspel akan menjadi wanita pertama dalam sejarah AS yang menjabat sebagai kepala badan intelijen AS tersebut, jika keputusan Trump tersebut sudah dikonfirmasi.

Presiden Trump, yang telah lama bentrok dengan Tillerson, merasakan pentingnya untuk melakukan perubahan sekarang, terlebih saat Trump sedang mempersiapkan pembicaraan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, serta negosiasi perdagangan yang akan datang, tiga pejabat Gedung Putih mengatakan, dilansir dari laman Washington Post, Selasa (13/3/2018).

Reporter : Turkhan Akhyar
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?