• News

  • Internasional

Hubungan Rusia-AS Tidak akan Bertambah Buruk dengan Adanya Menlu AS Baru

Hubungan AS-Rusia tak akan berubah menyusul dipecatnya Menlu AS.
Internasional
Hubungan AS-Rusia tak akan berubah menyusul dipecatnya Menlu AS.

MOSCOW, NNC - Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa hubungan negara Rusia dengan Amerika Serikat ( AS) tidak bisa bertambah buruk, sehingga dia berharap dapat melakukan perbaikan dengan adanya Menteri Luar Negeri AS yang baru.

Dmitry Peskov mengatakan kepada wartawan  bahwa dia tidak khawatir tentang hubungan yang semakin parah setelah dipecatnya Rex Tillerson. Ia mengatakan bahwa hubungan tersebut "tidak bisa lebih rendah dari pada lantai."

Dia mengatakan bahwa dia mengharapkan pendekatan "konstruktif dan sadar diri dalam hubungan gabungan [kedua negara tersebut]" di bawah pengganti Tillerson yang dinominasikan, yaitu Direktur CIA Mike Pompeo. "Harapan ini akan selalu ada," kata Peskov.

Dikutip dari kantor berita AP, Rabu, (14/03/2018), hubungan antara AS dan Rusia telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir karena konflik di Ukraina dan Suriah, dan adanya dugaan campur tangan Rusia dalam kampanye kepresidenan AS.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump secara mengejutkan memecat Tillerson pada hari Selasa. Pompeo akan menghadapi audiensi konfirmasi Senat sebelum ia diangkat menjadi Menteri Luar Negeri AS. Senat akan menanyakan Pompeo tentang bagaimana pendekatannya terhadap Rusia.

Reporter : Turkhan Akhyar
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?