• News

  • Internasional

Ini Kata Eva soal Peluang Anwar Ibrahim Kembali Jabat PM Malaysia

Politisi partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Eva Kusuma Sundari.
Istimewa
Politisi partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Eva Kusuma Sundari.

JAKARTA, NNC – Mantan Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR) Datuk Seri Anwar Ibrahim hari ini resmi bebas dari hukuman penjara yang dia jalani selama lima tahun di Penjara Sungai Buloh.

Anwar Ibrahim dinyatakan bebas dari segala hukuman setelah mendapatkan pangampunan dari Kerajaan, dalam hal ini Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Muhamad setelah memenangkan pemilu Malaysia

Selain itu, Mahathir Muhamad juga berjanji akan mengundurkan diri setelah memerintah dalam dua tahun kedepan. Artinya, peluang Anwar Ibrahim kembali ke pucuk pimpinan Malaysia kembali terbuka.

Menanggapi hal ini, politisi PDIP, Eva Kusuma Sundari turut angkat bicara. Eva mengatakan keputusan itu sepenuhnya ada di tangan Mahathir Muhamad

''Terserah ke Mahathir Muhamad mau dimasukkann kabinet nggak?  Tapi kan istri Anwar sudah masuk kabinet ya. Mungkin Anwar harus kembali aktif sebagai Ketua Umum  PKR yang dibesutnya dulu,'' kata Anggota ASEAN Parlianmentarians for Human Rights (APHR) Eva Kusuma Sundari kepada NNC.COM, Rabu (16/52018). 

Menurut Eva, sepertinya masih terlalu dini untuk membuat  peramalan saat ini. Lagi pula , kata dia, bukannya harus lewat mekanisme kelembagaan.

''Gak bisa angkat-angkat  semaunya secara personal. Pasti akan dibahas oleh Partai politik koalisi pendukung Mahathir Muhamad. Menurutku istri Anwar lebih berpeluang jadi PM Malaysia setelah Mahathir,'' ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu. 

Ketika disinggung, soal hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia selama ini sudah ada menyoal peluang ini, Eva mengaku tidak akan berpengaruh.

''Tak  akan terpengaruh lah oleh perorangan. Yang pasti, dua  negara ini akan saling membutuhkan untuk menguatkan demokrasi dan  Hak Asasi Manusia di ASEAN,” imbuhnya. 

 

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?