• News

  • Internasional

Gina Haspel, Sosok Wanita Pemimpin Badan Intelejen CIA

Direktu CIA Gina Haspel
dok.bagornews
Direktu CIA Gina Haspel

WASHINGTON, NNC -- Gina Haspel dipastikan akan memimpin badan intelejen CIA setelah diputuskan oleh senat Amerika Serikat (AS), pada Kamis (17/5/2018). Kepastian Haspel menjadi direktur CIA mengakhiri perdebatan atas badan spionase terkait dengan penggunaan "waterboarding" dan teknik keji lain dalam pemeriksaan oleh agennya.

Haspel adalah sosok veteran berusia 33 tahun di CIA dengan menjabat Plt Direktur. Saat senator terus memberikan suara dukungan, penghitungannya adalah 51-43 untuk mendukung pencalonannya di dewan beranggotakan 100 itu,

Haspel disetujui meski ada tentangan keras atas hubungannya dengan cara kasar pemeriksaan CIA, termasuk "waterboarding", cara meniru perasaan tenggelam, yang menyiksa dan berlaku luas selama bertahun-tahun setelah serangan 11 September.

Sebagai petugas penyamar dalam sebagian besar karir CIA-nya, Haspel pada 2002 menjabat kepala stasiun CIA di Thailand, tempat badan itu melakukan pemeriksaan di penjara rahasia menggunakan penyiksaan, termasuk "waterboarding". Tiga tahun kemudian, ia menyusun pesan, yang memerintahkan penghancuran rekaman video dari pemeriksaan tersebut.

Senator dari Partai Republik John McCain, yang telah meninggalkan Washington sepanjang tahun guna berjuang melawan kanker otak, mendesak Senat untuk tidak memilih Haspel.

Haspel juga memiliki dukungan kuat dari pemerintahan Presiden Donald Trump, para mantan pejabat intelijen serta yang masih aktif, dan berbagai anggota parlemen termasuk dari Partai Demokrat.

Senator Mark Warner, anggota Partai Demokrat teratas di Komite Intelijen yang mengawasi pencalonan, turut mendukung Haspel.

"Saya percaya dia bisa dan akan membela presiden, yang akan mengatakan kebenaran kepada penguasa jika presiden memerintahkannya melakukan yang ilegal atau tidak bermoral, seperti penyiksaan," katanya dalam pidato Senat sebelum pemungutan suara, seperti diberitakan Antara.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?