• News

  • Internasional

Ngeri, Video Detik-detik Sebelum Khashoggi Terbunuh Dirilis Media AS

Wartawan dan Kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi
Istimewa
Wartawan dan Kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi

ANKARA, NNC  - Media New York Times memposting sebuah video pada hari Sabtu (17/11/2018) yang merinci perkembangan yang mengarah pada pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

Bukti visual yang belum pernah muncul pada kasus ini di media Turki, memperlihatkan peran beberapa anggota dari 15 orang "tim pembunuh" yang diduga melakukan pembunuhan serta upaya Saudi untuk menutupi masalah tersebut.

“Ada 15 dari mereka. Kebanyakan tiba di tengah malam, memasang perangkap dan menunggu target tiba. Target itu adalah Jamal Khashoggi […] ”tulis teks dalam video, yang menunjukkan rekaman pengawasan tim Saudi.

Video itu juga menunjukkan kemungkinan keterlibatan Pangeran Mahkota Saudi Muhammad bin Salman, yang dicatat, "banyak pejabat pemerintah barat" berpikir mengesahkan pembunuhan itu.

Khashoggi, seorang kontributor The Washington Post, terbunuh pada 2 Oktober di dalam Konsulat Saudi di Istanbul.

Setelah berminggu-minggu menyangkal keterlibatan dalam kejahatan, Arab Saudi kemudian mengakui bahwa Khashoggi telah terbunuh di dalam konsulat tetapi mengklaim keluarga kerajaan Saudi tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang rencana pembunuhan jurnalis.

Sejauh ini, 21 orang, termasuk petugas keamanan, telah ditangkap di Arab Saudi sehubungan dengan pembunuhan itu, demikian diberitakan Anadolu.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?