Jumat, 23 Juni 2017 | 01:33 WIB

  • News

  • Internasional

Penasehat Politik BJ Habibie, Mario Viegas Carrascalao Meninggal Dunia

Mario Viegas Carrascalao (Tatoli.tl)
Mario Viegas Carrascalao (Tatoli.tl)

Berita Terkait

DILI, NETRALNEWS.COM - Mario Viegas Carrascalao (80), mantan Gubernur Provinsi Timor Timur meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Dili, Timor Leste, Jumat (19/5/2017).

Dikutip dari laman Lintas NTT, dijelaskan kecelakaan lalu lintas itu mengakibatkan Mario mengalami benturan di kepala dan perut hingga mengeluarkan darah. Setelah kejadian itu, Mario tidak sempat berkomunikasi hingga akhirnya meninggal dunia.

Kerabat Mario, Yacob Ximenes, mengatakan Mario meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Nasional Guidu Valadares, Dili, Timor Leste.

“Dugaan sementara meninggal karena serangan jantung pada saat sedang menyetir, lalu menabrak pagar pelabuhan Dili,” kata Yacob.

Mario yang juga salah satu pejuang kemerdekaan Timor Leste itu lahir di Baucau pada 12 Mei 1937, menjabat sebagai gubernur eks Timor-Timur 1982-1992, dan pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Timor Leste di era Pemerintahan Xanana Gusmao.

Mário Viegas Carrascalão lahir di Uai-Talibú, Venilale, Baucau, Timor Portugis pada 12 Mei 1937. Ia tercatat sebagai politikus Timor-Leste serta mantan Wakil Perdana Menteri Timor-Leste pada pemerintahan Xanana Gusmão dan mantan Gubernur Timor Timur dari 18 September 1983 sampai 18 September 1992 yang digantikan oleh Abílio José Osório Soares. Ia juga bertindak sebagai penasehat politik presiden B.J. Habibie pada tahun 1999.

Perdana Menteri Xanana Gusmão melakukan reshuffle (perombakan) pada kabinetnya, ia ditunjuk untuk menempati posisi sebagai Wakil Perdana Menteri II dan diambil sumpahnya oleh Presiden José Ramos Horta pada tanggal 5 Maret 2009 di Dili.

Setelah menamatkan pendidikan dasar di Dili, ia melanjutkan ke Portugal untuk memperoleh gelar insinyur. Sekembalinya dari sana, ia bekerja untuk Dinas Pertanian dan Kehutanan Timor Timur (sebelum invasi) dan terlibat dalam politik. Bersama dengan dua saudaranya Manuel dan João, ia mendirikan partai UDT.

Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?