Rabu, 28 Juni 2017 | 09:03 WIB

  • News

  • Internasional

Angkatan Laut Arab Saudi Tangkap Tiga Anggota Pasukan Elit Iran

Peta Arab Saudi, Kawasan Teluk dan Iran serta negara-negara sekitar (Netralnews)
Peta Arab Saudi, Kawasan Teluk dan Iran serta negara-negara sekitar (Netralnews)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Angkatan Laut Saudi telah menangkap tiga anggota Garda Revolusi Iran dari sebuah kapal yang disita pekan lalu saat kapal tersebut mendekati ladang minyak Marjan di lepas pantai Arab Saudi.

Hal tersebut dikatakan pemerintahan Arab Saudi di Riyadh pada Senin (19/6/2017).

Hubungan antara kedua negara berada dalam kondisi terburuk selama bertahun-tahun, mendukung pihak-pihak yang berlawanan dalam konflik di Suriah, Yaman dan Irak, dan masing-masing menuduh pihak lain mengguncang keamanan regional.

"Ini adalah satu dari tiga kapal yang dicegat oleh pasukan Saudi. Itu ditangkap dengan tiga orang di kapal, dua lainnya lolos," kementerian informasi Saudi mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

"Tiga anggota yang ditangkap dari Garda Revolusi Iran sekarang ditanyai oleh pihak berwenang Saudi," katanya, mengutip seorang pejabat Saudi.

Kapal tersebut, yang ditangkap Jumat lalu, membawa bahan peledak dan yang ditangkap dimaksudkan untuk melakukan "tindakan teroris" di perairan teritorial Saudi, klaim Ryadh.

Sebuah laporan sebelumnya dari Saudi Press Agency mengatakan angkatan laut Saudi telah melepaskan tembakan peringatan ke dua kapal yang berhasil lolos.

Kantor berita Tasnim Iran mengatakan pada hari Sabtu bahwa penjaga perbatasan Saudi telah menembaki sebuah kapal nelayan Iran di Teluk pada hari Jumat, menewaskan seorang nelayan. Dikatakan bahwa kapal tersebut adalah satu dari dua kapal nelayan Iran yang berada di Teluk yang telah didorong oleh ombak.

Ketegangan antara Iran dan Arab Saudi terus memburuk. Pada tanggal 5 Juni Riyadh dan pemerintah Arab lainnya memutuskan hubungan dengan Qatar, dengan alasan dukungannya terhadap Iran sebagai sebuah alasan.

Beberapa hari kemudian, bom bunuh diri dan penembakan di Teheran menewaskan sedikitnya 17 orang. Syiah Muslim Iran mengulangi tuduhan bahwa Arab Saudi mendanai militan Islam Sunni, termasuk Negara Islam. Riyadh membantah terlibat dalam serangan tersebut.

Editor : Hila Japi
Sumber : the guardian

Apa Reaksi Anda?