• News

  • Kesehatan

Kaos Kaki Terlalu Ketat Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Jangan gunakan kaos kaki terlalu ketat bisa varises. (Dok:Kaospolos)
Jangan gunakan kaos kaki terlalu ketat bisa varises. (Dok:Kaospolos)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Ternyata kaos kaki yang ketat dapat berdampak pada kesehatan Anda. Kaos kaki ketat dapat berdampak pada sirkulasi darah Anda. Saat sirkulasi di kaki terkena, Anda cenderung merasa tidak nyaman. Anda mungkin juga menderita pembengkakan di daerah tersebut. Ini adalah salah satu efek kaus kaki ketat.

Dilansir dari laman Blodsky, Rabu (4/10/2017), menggunakan kaos kaki ketat juga bisa meningkatkan risiko varises. Pada mereka yang sudah menderita varises, kaos kaki ketat bisa memperburuk kondisi varisesnya.

Meski sulit dipercaya, kaos kaki ketat juga bisa meningkatkan risiko edema. Ini tidak lain hanyalah pembengkakan karena akumulasi cairan. Edema bisa mengakibatkan kaki bengkak.

Koas kaki ketat juga bisa membuat kaki Anda mati rasa. Jika pekerjaan Anda menghabiskan waktu duduk berjam-jam, itu bisa membuat mati rasa pada kaki.

Jamur yang menyebabkan kaki atlet bau juga bisa berkembang biak dengan baik jika ada kelembaban. Sepatu dan kaos kaki yang ketat bisa menjebak keringat dan menawarkan kondisi ideal bagi jamur untuk berkembang.

Kaos kaki ketat juga akan meninggalkan garis pada kulit yang dikenal sebagai jalur kaus kaki. Garis tersebut terbentuk di area dimana kaos kaki melingkar di kulit dengan kencang. Kaos kaki ini bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit.

Maka dari itu disarankan, Anda untuk mengenakan kaos kaki yang terbuat dari katun 100 persen. Hindari bahan sintetis dan menggunakan kaso kaki dengan ukuran yang pas.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?