• News

  • Kesehatan

Berawal Sakit Perut, Ternyata 14 Cacing Gelang Menggeliat di Saluran Empedu Wanita Ini

Sebuah rekaman menunjukkan bahwa para ahli bedah menyingkirkan 14 cacing yang menggeliat dari organ seorang wanita.
Daily Mail
Sebuah rekaman menunjukkan bahwa para ahli bedah menyingkirkan 14 cacing yang menggeliat dari organ seorang wanita.

NEW DELHI, NNC – Sebuah rekaman menunjukkan bahwa para ahli bedah menyingkirkan 14 cacing yang menggeliat dari organ seorang wanita. Wanita itu diketahui bernama Sunita (38), dia pergi ke rumah sakit setelah menderita sakit perut parah yang membuatnya tidak dapat berdiri, serta menderita demam, muntah dan sakit kuning selama enam bulan.

Hasil pemindaian menunjukkan, dia memiliki lebih dari selusin cacing gelang yang hidup, masing-masing berukuran antara 15 cm dan 20 cm, di saluran empedunya.

Ahli bedah, di Fortis Hospital, New Delhi, memindahkan mahluk-mahluk itu secara endoskopi, tanpa operasi.

Cacing gelang diduga telah memasuki usus Sunita setelah telur cacaing masuk ke rantai makanan melalui tanah yang terkontaminasi.

“Rasa sakit saya sangat buruk, sehingga saya hampir tidak bisa berdiri. Saya telah kehilangan lebih dari 12kg berat badan dalam sebulan. Syukurlah tim medis mampu mendiagnosa kondisi saya. Setelah operasi selesai, saya benar-benar bebas dari rasa sakit. Saya pulih dan merasa jauh lebih baik sekarang,” kata Sunita, dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (4/5/2018).

Dr Arvind Khurana, yang memimpin operasi, mengatakan bahwa Sunita menjalani prosedur endoskopi. Semua cacing dihilangkan menggunakan jerat dan tang.

“Ini adalah tugas yang menakutkan. Meskipun umum ditemukan cacing di usus, jarang ditemukan di dalam saluran empedu,” kata Dr Arvind.

India memiliki jumlah kasus tertinggi yang terkait dengan cacing karena obat cacingan tidak secara rutin diberikan.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?