• News

  • Kesehatan

Ngeri, Kecoak Bersarang di Telinga Wanita Ini

Ilustrasi kecoak.
Shutterstock
Ilustrasi kecoak.

JAKARTA, NNC - Katie Holley, warga Florida, terbangun di tengah malam dan merasakan sensai aneh di telinganya. Ia merasakan ada segumpal es di lubang telinga kirinya.

"Seperti seseorang menaruh segumpal es di lubang telinga kiri saya," tulisnya dalam sebuah esai yang diterbitkan di majalah Self, seperti dilansir dari laman Live Science, Minggu (6/5/2018).

Pada awalnya, suaminya mencoba mengeluarkan "penyerang" di telinga Holley dengan pinset namun tidak berhasil, akhirnya mereka pun berangkat ke ruang gawat darurat.

Di rumah sakit, dokter mengkonfirmasi kecurigaan Katie bahwa seekor kecoak masuk ke dalam telinganya. Dokter pun harus membunuh kecoak itu dengan lidocaine untuk mengeluarkannya dan kemudian mengambil kecoak dengan pinset.

Tetapi pada hari-hari berikutnya, Holley mengalami sakit di telinganya dan kesulitan mendengar. Ketika dia kembali ke dokter sembilan hari kemudian, dia mengetahui bahwa dia masih memiliki potongan-potongan - termasuk seluruh kepala - kecoak yang bersarang di telinganya.

Serangga yang masuk ke telinga merupakan kasus yang umum. Misalnya pada 2006 seperti ditulis di South African Medical Journal, menemukan bahwa selama periode dua tahun, Rumah Sakit Tygerberg di Cape Town, Afrika Selatan, mengeluarkan 23 serangga (dan satu tanda centang) dari telinga orang. Serangga itu termasuk tiga kumbang, delapan lalat dan 10 kecoak Jerman.

Dan pada tahun 2014, dokter ruang gawat darurat di Taiwan menemukan selusin larva buah-lalat di saluran telinga wanita berusia 48 tahun yang mencari perawatan medis karena dia menderita sakit telinga yang parah, Live Science melaporkan pada saat itu.

Kasus lain di Taiwan dari 2012 melibatkan seorang pria yang gatal selama dua bulan karena ia memiliki tungau di telinganya - suatu kondisi yang cukup familiar untuk mendapatkan nama medis: otoacariasis, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 di Journal of Otology. (Otoacariasis tidak terbatas pada tungau; itu juga bisa disebabkan oleh kutu, kata penelitian.)

Jika Anda berpikir serangga memasuki telinga Anda, berikut nasehat dari National Institutes of Health (NIH) yakni cobalah tidur dengan posisi telinga ke atas dengan harapan serangga akan merangkak atau terbang keluar dari lubang telinga. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak bayi ke telinga untuk mengeluarkan serangga.

NIH merekomendasikan untuk segera mengunjungi dokter bahkan jika Anda telah berhasil mengeluarkan serangga itu, karena bisa jadi bagian tubuh serangga entah kaki atau bagian lain dapat tertinggal ditelinga dan menyebabkan infeksi.

Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?