• News

  • Kesehatan

Pil KB Pada Pria, Ini Dampaknya

Beberapa alasan kaum pria gunakan Pil KB ini diantaranya menghaluskan kulit, menghilangkan jakun, padahal ada dampaknya.
Go Dok
Beberapa alasan kaum pria gunakan Pil KB ini diantaranya menghaluskan kulit, menghilangkan jakun, padahal ada dampaknya.

JAKARTA, NNC – Bagi kalangan pasangan suami istri (pasutri), alat kontrasepsi Pil KB pasti sudah tidak asing lagi didengar. Namun, tahukah Anda bahwa saat ini tidak dipungkiri kaum Adam ada pula yang menggunakan Pil KB untuk tujuan tertentu.

Beberapa alasan kaum pria gunakan Pil KB ini diantaranya untuk menghaluskan kulit, menghilangkan jakun hingga mengurangi bulu pada tubuh. Biasanya upaya ini dilakukan oleh para pria transgender untuk meningkatkan hormon perempuan dalam dirinya.

“Bahan yang terkandung di Pil KB adalah hormon seperti yang ada di perempuan yaitu estrogen dan progesteron. Jadi mau, tidak mau, pria yang ekstrogennya rendah dapat tambahan hormon lebih,” jelas Spesialis Obgyn dari Brawijaya Women and Children Hospital, dr Dinda Derdameisya Sp OG pada NNC baru-baru ini di Jakarta.

Kata dr Dinda, efek adanya hormon perempuan, seperti bulu berkurang dapat terjadi pada penggunaan Pil KB dalam jangka waktu yang lama. Namun hormon estrogen dan progesteron yang dibentuk pada pria melalui konsumsi Pil KB adalah sintetis, artinya akan ada dampak dari konsumsi jangka panjang.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?