• News

  • Kesehatan

Ini Faktor Penghambat Tumbuh Kembang Anak

Faktor lingkungan bisa jadi penghambat tumbuh kembang anak.
Meetdoctor
Faktor lingkungan bisa jadi penghambat tumbuh kembang anak.

PURWOKERTO, NNC - Faktor lingkungan memiliki pengaruh penting dalam tumbuh kembang anak dan membentuk perkembangan kecerdasan anak. Demikian kata dokter spesialis anak dari RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Kabupaten Banyumas, dr Agus Fitrianto, Sp A.

"Selain faktor potensi dasar, tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan," ujar Margono, Jumat (31/8/2018).

Dia menjelaskan, potensi dasar anak terdiri dari variabel genetika dan kefitrahan seperti potensi nurani dan kebaikan manusia. "Sedangkan faktor lingkungan terdiri dari kecukupan gizi, stimulasi, infeksi, radiasi, kebersihan lingkungan, trauma dan gangguan metabolisme tubuh," jelas Marhgono.

Faktor genetik dan faktor lingkungan, kata dia, saling berinteraksi membentuk pola pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak.

"Paradigma tentang genetika dan lingkungan telah banyak berubah. Mekanisme kerja genetika ternyata tidak statis seperti yang kita pahami selama ini," katanya.

Margono menambahkan, semakin banyak orang tua mengaktifkan sifat-sifat dan aktifitas positif maka akan semakin banyak kemungkinan anak-anak memiliki karakter dan sifat kebaikan tersebut.

"Disinilah letak peran sentral orang tua terhadap pendidikan anaknya yang harus dimulai sebelum dan sejak dalam kandungan ibunya," jelas Margono dilansir Antara.

Dia juga menambahkan, pertumbuhan otak yang pesat terjadi pada 1.000 hari pertama awal kehidupan. "Pada masa itu otak mengalami tumbuh kembang yang sangat pesat. Selama kurun waktu dua tahun otak mengalami peningkatan pertumbuhan," katanya.

Periode pertumbuhan pesat otak anak, kata dia, oleh para ahli kesehatan diformulasikan menjadi konsep 1.000 hari pertama.

"Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap optimalisasi pertumbuhan otak. Jika kita ingin anak kita tumbuh dan berkembang dengan optimal, maka kita harus memenuhi semua kebutuhan dasar anak seperti asupan nutrisi, kasih sayang, stimulasi, imunisasi serta pastikan kebersihan tubuh dan lingkungan mereka," tandas Margono.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?