• News

  • Kesehatan

Menkes Beri Penghargaan Tim Kesehatan Asian Games dan Asian Para Games

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek.
Klik Kabar
Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek.

JAKARTA, NNC - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek memberi penghargaan dan apresiasi kepada seluruh tim kesehatan yang berhasil sukseskan perhelatan Asian Games dan Asian Para Games (APG) 2018. Penghargaan diberikan, karena menurut Menkes, tim kesehatan di Asian Games dan APG 2018 merupakan tulang punggung ajang olahraga internasional dapat berjalan dengan baik. 

Selain kepada tim medis, Menkes juga beri penghargaan pada food security yang telah menyiapkan makanan bagi atlet dan berbagai pihak yang terlibat. Selain itu penghargaan diberikan pula pada tim kesehatan lingkungan, agar memastikan tak adanya penyebaran penyakit akibat keadaan lingkungan selama Asian Games dan APG 2018 berlangsung.

"No medical, no game. Kita (tim kesehatan) tidak bekerja akan ciut semua, ketakutan. Tapi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah lakukan pelatihan pada tim kesehatan dan hasilnya baik sekali," kata Menkes di Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Lebih lanjut Menkes akui bahwa secara keseluruhan tidak banyak kecelakaan yang terjadi saat Asian Games dan APG 2018. Salah satu terparah adalah kasus patah tulang atlet paralayang. "Tapi sudah 'bersih', tidak ada yang belum terselesaikan dari Asian Games dan APG 2018," sambung Menkes.

Bagi Menkes, tindakan pada kecelakaan tersebut luar biasa dan Menkes berterima kasih pada kecepatan dan ketepatan dari tim kesehatan. Menkes mengaku mendapatkan dokumentasi dari kecelakaan tersebut dan melihat kesiapsiagaan tim kesehatan yang telah lakukan gerak cepat atasi kecelakaan. "Tim kesehatan, dukungan luar biasa perlu dihargai," sambung dia. 

"Food security juga baik untuk sediakan makanan panitia dan atlet. Saya juga sempat ikut cicipi makanan. Manakanan dimanjakan. Makanan apa saja ada," terang Menkes.

Terakit tim kesehatan lingkungan, Menkes akui awalnya khawatir akan keadaan lingkungan di Palembang, Sumatera Selayan (Sumsel). Kekhawatiran Menkes timbul karena saat kunjungan ke Palembang, masih banyak gangguan pada daerah parit, air tergenang dan nyamuk. 

"Tapi tidak ada laporan DBD. Pasukan kesehatan merah (warna pakaian) luar biasa dan kesehatan lingkungan tidak ada laporan penyakit yang dilaporkan. Luar biasa apa yang sudah dikerjakan, kata Menkes.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?