• News

  • Kesehatan

Menkes Pastikan Kecukupan Obat Korban Terdampak Tsunami Selat Sunda

Menteri Kesehatan Nila Moeloek
Istimewa
Menteri Kesehatan Nila Moeloek

JAKARTA, NNC - Dampak bencana alam seperti tsunami yang melanda Banten dan Lampung menyebabkan banyaknya korban jiwa dan kerusakan lingkungan. Kejadian tersebut memerlukan bantuan tenaga kesehatan baik dokter maupun tenaga kesehatan lainnya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengapresiasi seluruh tenaga kesehatan yang membantu para korban bencana tsunami di Banten. Meskipun waktu libur tapi tidak menjadi halangan untuk mereka dalam membantu korban bencana tsunami.

“Saya hargai tenaga kesehatan, termasuk perawat, bidang administradinya, dan dokternya,” kata Menkes, seperti dalam siaran persnya, Selasa (25/12/2018).

Kata Menkes, keberadaan dokter dalam bencana sangat dibutuhkan. Dokter menjadi orang pertama yang dicari untuk membantu para korban yang mengalami luka secara fisik bahkan secara psikis.

Selain itu, karena bencana tsunami tidak hanya memberikan dampak kepada masyarakat, tetapi juga menyebabkan kerusakan lingkungan atau pencemaran lingkungan. Hal tersebut akan menimbulkan berbagai penyakit yang bersumber dari lingkungan dan akhirnya menyerang manusia.

Dalam hal ini dibutuhkan tenaga kesehatan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit yang bersumber dari lingkungan.

Selain tenaga kesehatan, Kemenkes juga menjamin kecukupan obat bagi para korban. Stok obat di seluruh dinas kesehatan di Banten masih mencukupi, namun tambah Menkes, obat di buffer stock Pusat Kemenkes akan didistribusikan bagi korban tsunami.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?