• News

  • Kesehatan

Ngeri, Wajah Wanita Ini Dipenuhi Tumor Berat yang Tidak Bisa Dihilangkan

Aline Cerqueria Leite, dari Três Rios, Brasil mengalami neurofibromatosis (NF1)
Daily Mail
Aline Cerqueria Leite, dari Três Rios, Brasil mengalami neurofibromatosis (NF1)

BRASIL, NNC - Keadaan mengerikan menimpa wanita ini, pasalnya ada tumor berat yang tidak bisa dihilangkan dari wajahnya. Tetapi wanita berusia 40 tahun ini mengklaim dia tidak terganggu dengan keadaan itu.

Wanita itu adalah Aline Cerqueria Leite, dari Três Rios, Brasil. Dia mengalami neurofibromatosis (NF1), yakni suatu kondisi bawaan yang tidak dapat disembuhkan dan menyebabkan tumor.

Ibu dari tiga anak ini baru mengetahui bahwa massa telah menyebar hingga ke mata, hidung, dan bagian belakang mulutnya. Dia telah menjalani banyak operasi kecil selama bertahun-tahun untuk mengelola pertumbuhannya, tetapi sekarang, para dokter mengatakan operasi terlalu berisiko dan bisa merenggut penglihatannya.

NF1 mempengaruhi satu dari 3.000 orang di Inggris dan 100.000 orang di AS sampai batas tertentu, menyebabkan berbagai kecacatan, perubahan kulit, dan pertumbuhan. Tumoryang dialaminya dikenal sebagai neurofibroma plexiform, massa kompleks jaringan ikat yang telah tumbuh di sepanjang saraf di wajahnya.

"Tumor perlahan-lahan mengubah wajah aaya sejak berusia tiga tahun. Sindrom ini membuat wajah saya sedikit berat tetapi sisanya baik-baik saja, tidak buruk. Itu tidak terlalu mengganggu saya," kata dia, dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (15/3/2019).

Total, dia telag menjalani 14 operasi. Operasi yang terakhir menghentikan wajahnya agar tidak jatuh lagi.

Dr João Gabriel Daher, yang memeriksa tumornya, mengatakan bahwa keadaan itu menyerang rongga hidung.

"Ini telah menjalar ke rahang. Ini sangat luas dan infiltratif. Pada saat ini, tidak praktis untuk menghentikannya," kata dokter.

Dokter telah memutuskan untuk memantau pertumbuhan tumor dan memahami bagaimana perkembangannya. Dia juga bertekad untuk menikmati hidupnya, terutama dengan dua cucu yang memberi semangat hidupnya.

Putrinya, Ana, menambahkan bahwa dirinya bangga pada Ibunya. "Dia selalu bergabung dengan kami untuk bersenang-senang dan menghabiskan waktu setiap hari. Dia juga tidak pernah menyerah untuk dirinya sendiri atau untuk kita," sambung anaknya.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?