Kamis, 23 November 2017 | 08:48 WIB

  • News

  • Kesehatan

Dua Warga Pandeglang Derita Penyakit Kronis Dirujuk ke RSCM

Tumor pembuluh darah (getty images)
Tumor pembuluh darah (getty images)

PANDEGLANG, NETRALNEWS.COM - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Irna Narulita menginstruksikan dua warga penderita penyakit kronis segera dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

"Saya sudah meminta pihak Rumah Sakit Umum Daerah Berkah agar Riska dan Firman segera dirujuk ke RSCM," katanya usai menjenguk Siska dan Firman di Pandeglang, Selasa (10/1/2017).

Riska (16), warga Kampung Cikole Kelurahan Kabayan, menderita penyakit tumor pembuluh darah dan Firman, warga kampung yang sama menderita penyakit DMP (distrofi muskular progresif).

"Seluruh biaya pengobatan dan operasi akan ditanggung oleh jaminan kesehatan, sedangkan untuk biaya pendampingan atau keluarga yang akan menunggui akan kami bantu," katanya.

Terkait pengiriman dua warga itu, ia menyatakan telah meminta pada pihak Dinas Kesehatan, RSUD Berkah dan UPT Puskesmas setempat agar berkoordinasi dan mengurus semua perlengkapan yang diperlukan.

"Pokoknya saya sudah meminta agar keduanya segera dirujuk ke RSCM supaya mendapat perawatan medis yang memadai," katanya.

Ia menyatakan khawatir jika keduanya lambat mendapat perawatan, penyakitnya akan semakin parah dan sulit disembuhkan.

Irna juga menyatakan, jika keduanya sembuh akan dibantu agar bisa melanjutkan atau mendapatkan pendidikan yang layak.

"Saya segera menginstruksikan instansi terkait untuk mengurus pendidikan mereka. Saya mau setelah sembuh mereka mendapatkan pendidikan yang layak," katanya.

Masalah kesehatan, kata dia, menjadi salah satu prioritas karena itu semua pusat pelayanan kesehatan diharapkan memaksimalkan pelayanan, dan jika ada pasien yang tidak bisa ditangani segera dirujuk.

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara

Apa Reaksi Anda?