Sabtu, 23 September 2017 | 05:35 WIB

  • News

  • Kesehatan

Waspada, Bahan Kimia Dapat Picu Hipertensi Anak!

Pemeriksaan kesehatan (kevinmd.com)
Pemeriksaan kesehatan (kevinmd.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mungkin sebagian kita masih menyangka, penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi hanya dapat dialami oleh orang dewasa atau lanjut usia saja. Padahal, nyatanya tidak demikian. Ternyata anak-anak, atau ibu hamil juga bisa mengalami hipertensi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi pada anak rupanya bisa disebabkan oleh paparan bahan kimia yang kini marak digunakan, seperti dilansir dari laman Daily Sentinel, Selasa (10/1/2017).

Peneliti dari DuPont, kota kecil di Washington, Amerika Serikat (AS) menemukan kandungan C8, yang juga lebih dikenal sebagai PFOA atau perfluorooctanoic acid, yang bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit, termasuk hipertensi.

Tidak hanya dalam air, C8 juga ditemukan di dalam teflon dan sejumlah perlengkapan rumah tangga lainnya. Zat ini, selain berisiko menyebabkan juga kolesterol tinggi, penyakit tiroid, serta kanker ginjal dan testis.

Sebuah jurnal ilmiah juga menerbitkan hasil studi yang meneliti hubungan antara paparan C8 pada sekelompok ibu hamil di Ohio dengan tekanan darah tinggi pada anak-anak mereka di kemudian hari. Hasilnya, paparan C8 selama kehamilan meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan hipertensi dan zat C8 akan menyebabkan calon bayi memiliki tekanan darah diastolik dan sistolik yang tinggi.

Meski tidak berimplikasi pada kesehatan secara langsung, tapi tekanan darah tinggi merupakan awal penyakit berbahaya, seperti jantung dan stroke.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?