Rabu, 13 Desember 2017 | 10:21 WIB

  • News

  • Kesra

60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang, Pemerintah Bikin Gebrakan Ini

Indonesia-Jepang rayakan persahabatan 60 tahun.
Japanese Station
Indonesia-Jepang rayakan persahabatan 60 tahun.

JAKARTA, NNC - Selain sebagai partisipan Asian Games 2018, Jepang dipilih karena kenyataan bahwa olah raga sudah mengakar kuat pada keseharian hidup di Jepang. Bahkan pemerintahnya menetapkan setiap hari Senin kedua di bulan Oktober sebagai Taiiku no hi atau hari libur Olah raga dan Kesehatan nasional.

Kementerian Pariwisata juga akan mulai membawa tema 60 tahun hubungan RI-Jepang pada 2018. Hubungan diplomatik RI-Jepang sebagaimana diketahui dimulai sejak April 1958 dan sejak saat itu hubungan terjalin dengan sangat baik. Berdasarkan polling yang diadakan oleh 2014 BBC World Service Poll, sekitar 70% orang Indonesia memilki pandangan positif terhadap Jepang. Diharapkan melalui kegiatan ini hubungan baik ini dapat berlanjut dan berdampak positif pada peningkatan kunjungan WNI dan WN Jepang ke masing-masing negara.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana, mengatakan promosi ke Jepang diharapkan dalam sales mission nanti, industri pariwisata Jepang dapat terinformasi dengan jelas akan paket-paket wisata yang ada pada Asian Games 2018 sehingga atlit, ofisial atau suporter Jepang yang hadir dapat tertarik untuk memperpanjang kunjungannya ke Indonesia dan menikmati destinasi wisata Indonesia utamanya di sekitar Jakarta, Palembang, Jawa Barat serta Banten.

“Hal ini tentunya bisa berdampak positif utamanya memperkenalkan wisata beyond Bali kepada khalayak Jepang,” ujar Pitana, Kamis (07/12/2017).

Suatu hal yang telah sering dilakukan oleh Kemenpar dari tahun ke tahun yakni aktif promosi Wondeful Indonesia ke mancanegara. Seperti yang diketahui Bali memang masih merupakan primadona wisman Jepang. Tahun lalu 45% wisman Jepang masuk ke Indonesia melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kemenpar akan membawa delegasi kompeten untuk melakukan sosialisasi paket wisata Asian Games 2018 dalam sales mission nanti. Akan ada narasumber dari Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC), Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASITA) dan travel agent yang sudah memiliki paket wisata untuk perhelatan Asian Games 2018.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?