Selasa, 12 Desember 2017 | 11:29 WIB

  • News

  • Kesra

1.000 Personel Tagana Bantu Korban Bencana Pacitan

Kemensos kerahkan 1000 personel Tagana bantu korban bencana di Pacitan.
Kemensos
Kemensos kerahkan 1000 personel Tagana bantu korban bencana di Pacitan.

JAKARTA, NNC - Kementerian Sosial mengerahkan lebih dari 1.000 personel Taruna Siaga Bencana ( Tagana) serta relawan dari berbagai daerah untuk membantu warga membersihkan sisa-sisa lumpur dan kotoran pasca banjir yang melanda Pacitan, 27-28 November.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial, Margowiyono mengatakan kegiatan ini merupakan suporting dari teman-teman relawan dari seluruh Indonesia bahkan dari dunia Internasional, kepada situasi yang terjadi di Pacitan.
Keberadaan 1000 tagana dan relawan membantu warga agar bisa saling bahu membahu membersihkan lumpur, kayu-kayu dan bebatuan yang masih menumpuk di rumah-rumah korban terdampak. Para relawan juga ikut membantu menyingkirkan bangkai-bangkai binatang yang sudah mulai membusuk dan berpotensi menyebarkan penyakit.

"Tim disebar di tiga titik yang menjadi daerah terparah akibat banjir, yang pertama di Pondok Pesantren Tremas yang memiliki 15 asrama. Kemudian dua tim lainya masing-masing di Desa Ploso Kidul dan Ploso Kalor," kata Margowiyono, Jumat (08/12/2017).

Ia berharap, "suporting" atau dukungan yang dilakukan para relawan dan tagana di bawah panji Kemensosbisa menjadi obat bagi warga Pacitan untuk segera pulih dan bangkit.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?