Selasa, 12 Desember 2017 | 11:24 WIB

  • News

  • Kesra

Inilah Kearifan Lokal yang Dimiliki Bengkulu

bunga Raflesia Arnoldi hanya tumbuh di hutan Bengkulu.
Bengkulu
bunga Raflesia Arnoldi hanya tumbuh di hutan Bengkulu.

BENGKULU, NNCPesona Bengkulu ajak wisatawan menikmati kearfian lokal yang dimiliki daerah tersebut. Bengkulu sejak dikenal dengan flora dan fauna terutama flora endemic bunga Raflesia Arnoldi yang dapat menjadi ikon pariwisata Bengkulu.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah me-launching Calendar of Events (CoE) Pariwisata Bengkulu. Pesona Malam Pesona Bengkulu dan peluncuran  CoE Pariwisata Bengkulu 2018 tersebut  sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata serta menarik kunjungan wisatawan ke Bengkulu dan  sekaligus guna meningkatkan citra Pemerintah Provinsi Bengkulu yang terus berbenah diri dalam menggiatkan sektor pariwisata sebagai program prioritas dalam Visit 2020 Wonderful Bengkulu.

Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, mengatakan acara Malam Pesona Bengkulu sekaligus launching Calendar of Events (CoE) Pariwisata Bengkulu 2018 ini bagian dari upaya mempromosikan Bengkulu yang ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata unggulan.

“Berbagai usaha promosi terus kita lakukan untuk mengenalkan Provinsi Bengkulu baik di tingkat nasional maupun mancanegara,” kata Rohidin, Jumat, (08/12/2017).

Menurut dia, CoE Pariwisata Bengkulu 2018 sebagai agenda wisata yang akan digelar sepanjang tahun 2018  terdiri  14 event unggulan (7 event alam; 2 event buatan, 3 event budaya, dan 2 event bahari) diantaranya 3 festival budaya sebagai top3 yaitu; Festival Tabot, Festival Pesisir Pasir Panjang, dan Festival Bumi Raflesia.

“Tiga festival ini sebagai top 3 dan menjadi andalan dalam mendatangkan wisatawan. Festival Tabot kami perkirakan dapat mendatangkan  75 ribu wisatawan, sedangkan Festival Pesisir Pasir Panjang dan Festival Bumi Raflesia masing-masing 30 ribu dan 10 ribu wisatawan,” kata Rohidin.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi  diluncurkannya CoE Pariwisata Bengkulu 2018 yang akan mendukung  CoE Wonderful Indonesia (CoE WI)  2018 dengan menetapkan   100 premier event dalam rangka mencapai target pariwisata 2018 mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman)  dan 270 juta pergerakan wisatawana nusantara (wisnus)  di Tanah Air.

“Penyelenggaraan festival dalam CoE Pariwisata Bengkulu 2018 ini  dalam rangka memperkuat unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) khususnya unsur atraksi,” kata Menpar Arief Yahya seraya mengatakan, dengan penyelenggaraan aktraksi ini akan mendorong meningkatkan aksesibilitas maupun amenitas.

Kunjungan wisatawan ke Provinsi Bengkulu mengalami trend meningkat. Tahun 2016 jumlah kunjungan wisman ke Bengkulu sebanyak 848 wisatawan dan wisnus mencapai 491.993 wisatawan.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?