• News

  • Kesra

Ketua MPR Sebut, Gara-Gara Beras Mahal, Rakyat Ngirit Makan

Ketua MPR blusukan di Pasar Beras, Solo.
Pusat Berita MPRI-RI
Ketua MPR blusukan di Pasar Beras, Solo.

SOLO, NNC - Hari ini, Minggu (14/1/2018) Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan melakukan sidak ke pedagang beras di Pasar Gede, Solong, Jawa Tengah.

Ia menemui Ibu Surati, 67 tahun, yang sudah berdagang beras lebih dari 20 tahun di Pasar Gede, Solo.

"Stok beras ada pak tapi hargahya mahal," kata Surati salah seorang pedagang di Pasar tersebut kepada Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Zulkifli pun kaget mendengar pengakuan para pedangan beras tersebut. "Ternyata kenaikan harga beras lebih tinggi dari yang diberitakan media," kata Zulhasan, dalam keterangan kepada wartawan diterima di Jakarta, Minggu (14/1/2018).

Lanjut dia, harga beras "mentik wangi" yang biasanya Rp 10 ribu sekarang dijual dijual Rp 12 ribu per liter. Sementara beras jenis C4 yang biasanya Rp 10.500 sekarang dijual Rp 13.000.

Zulkifli mengaku, dalam dengan para pedagang bertanya ke Ibu Surati terkait harga beras yang diakui pedagang naik sangat signifikan.

"Di media ditulis harga Rp 10 ribu kan bu?" Ibu Surati menjawab, Itu kan di koran, pak," kata pedagang beras itu menimpali dialog dengan Ketua MPR.

Diketahui, akibat kenaikan ini pelanggan Surati mengurangi jatah pembelian beras. Kalau biasanya membeli 5 kilogram menjadi hanya 4 kilogram.
"Rakyat ngirit makan karena harga mahal," kata Zulhasan.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar operasi pasar segera dilakukan secara rutin, karena menurut Ibu Surati baru ada satu kali operasi pasar.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?