Minggu, 25 Februari 2018 | 20:36 WIB

  • News

  • Kesra

Mendes Kerahkan 39.000 Pendamping Desa dengan Dana Desa Rp1,9 Triliun

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo.
NNC/Vito Adhityahadi
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo.

MAKASSAR, NNC - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo meminta secara khusus untuk 39.000 pendamping desa dapat mengawal dan menyosialisasikan program padat karya tunai. Atas 39.000 pendamping itu, pemerintah mengucurkan dana Rp1,9 triliun.

Selanjutnya, Eko menjelaskan, pendamping desa juga harus mendorong implementasi 4 program unggulan yang telah ditetapkan Kemendesa yakni Prukades, Embung, BUMDes, dan Sarana Olahraga.

"Di beberapa kawasan, implementasi dari 4 program unggulan ini terbukti mampu menurunkan angka kemiskinan," papar Menteri Eko.

Ia mencontohkan, di 24 kabupaten yang sudah menerapkan empat program unggulan memiliki akselerasi menurunkan kemiskinan dan desa-desa tertinggal. Sebab itu, pendampingan dan pengawasan yang efektif dipercaya akan mencegah hal yang tidak diinginkan.

"Akan kami review, apakah efektif atau belum Rp1,9 Triliun dana untuk pendamping desa. Ada sekitar 39.000 total pendamping desa di Indonesia. Banyak kasus baru program baru, jadi bantu sosialisasi," pungkasnya.

Acara ini diikuti oleh Polda dan Polres wilayah Sulawesi Selatan, Tenaga Ahli KPW 5 Sulawesi Selatan, Perwakilan Camat dan Kepala Desa se-Sulawesi Selatan, Tenaga Ahli Kabupaten, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?