• News

  • Kesra

DPMD Pringsewu Klaim Banyak Potensi Embung di Wilayahnya

Ilustrasi Embung
dok.saibumi
Ilustrasi Embung

LAMPUNG, NNC -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pringsewu, Lampung, Malian Ayub mengatakan di wilayahnya terdapat beberapa tempat berpotensi membangun embung.

Embung, menurutnya berguna sekali dalam petanin untuk mengairi lahan di musim kemarau.

“Ada banyak potensi embung pada wilayah Kabupaten Pringsewu yang tersebar di 4 kecamatan yaitu Banyumas (11), Pagelaran (6), Pringsewu (3) dan Sukoharjo (6) yang pernah dilaporakan Para Pendamping Desa P3MD setempat,” katanya, Jumat (14/9/2018).

Kemudian, ia melanjutkan bahwa pembangunan embung telah diatur dalam peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2017 Soal Prioritas dana desa 2018.

"Dari total 15 ribu desa prioritas pembangunan saat ini terdapat 7.440 desa yang sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur air untuk mengairi area persawahan yang mereka miliki," jelasnya.

Hingga diketahui, saat ini sudah 628 embung yang terbangun di berbagai desa se-Indonesia. Ini menunjukkan betapa embung memang sangat dibutuhkan. Hingga saat ini sebagian besar desa di Indonesia masih menjadikan bidang pertanian sebagai pondasi menghidupi ekonomi warga. 

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?