• News

  • Kesra

Mensos Pantau Pencairan Bantuan Pangan Non Tunai

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita
dok.Kementerian Sosial
Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita

SURAKARTA, NNC - Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah terus berupaya agar bantuan sosial dapat disalurkan secepatnya kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui berbagai upaya jemput bola, seperti yang telah diterapkan di Kota Surakarta.

Mensos mengaku sudah keliling ke beberapa wilayah meninjau pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan ternyata di Surakarta capaiannya cukup baik. Bahkan ada upaya untuk menyediakan fasilitas distribusi.

"Pemerintah terus berupaya agar bantuan sosial dapat disalurkan secepat-cepatnya kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Ada komitmen tinggi dari Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) khususnya BNI melalui motor dengan bak terbuka yang siap mengantar kebutuhan pangan KPM," tutur Mensos, seperti keterangan tertulis yang NNC terima, Jumat (14/9/2018).

Dalam kunjungan kerja ini Mensos juga memberikan apresiasi dan tabungan beasiswa kepada anak-anak berprestasi dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Mereka adalah Ivania Cahyaningtyas, Juara II Indonesian Weight Lifting Championship Women Class 105 kg; Gerald Andika Bernadio, Juara I Renang Penyandang Disabilitas Tingkat Nasional; Maretta Wisnu Arief Wicaksono, Juara II Karate Tk Nasional; Yolanda Ris Atita, Juara I Karate Tingkat Provinsi; Raditya Prasetyo Nugroho, Juara III Sepakbola Tingkat Nasional.

Untuk diketahui Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Surakarta mulai diujicobakan sejak tahun 2016. Kini jumlah penerima bantuan adalah 28.384 KPM dengan jumlah bantuan sebesar Rp37.466.880.000.

Hadir dalam pencairan BPNT sebanyak 400 KPM yang berasal dari Kecamatan Jebres, Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Serengan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kecamatan Lawean.

Di Kota Surakarta saat ini terdapat sebanyak 96 e-Warong dan akan terus bertambah untuk mendukung pelaksanaan BPNT. Berdasarkan hasil pemetaan Kota Surakarta dengan jumlah penerima BPNT sebanyak 28.384 KPM memerlukan kurang lebih sebanyak 113 e-Warong.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?