• News

  • Kesra

Pendidikan, Komitmen Toyota Indonesia Pelestarian Lingkungan

Toyota dukung Konservasi Keanekaragaman Hayati d Gorontalo
Istimewa
Toyota dukung Konservasi Keanekaragaman Hayati d Gorontalo

GORONTALO, NNC - Toyota Motor Corporation (TMC) melalui afiliasinya di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), donasikan mobil Toyota HIACE kepada Burung Indonesia (anggota jaringan kemitraan global BirdLife International) untuk mendukung survei keanekaragaman hayati dan kegiatan pendidikan konservasi di Bentang Alam Popayato-Paguat, Provinsi Gorontalo.

Donasi mobil ini merupakan kelanjutan dari komitmen Toyota secara global, di bidang pendidikan dan lingkungan hidup, serta terutama pendidikan lingkugan hidup, yang menjadi salah satu fokus kegiatan kontribusi sosial di Indonesia.

"Harmoni dengan alam adalah semangat kami. Kami berharap donasi ini memberi sumbangsih dalam mendukung upaya konservasi di bawah koordinasi Burung Indonesia pada khususnya, serta berkontribusi terhadap efektivitas keseluruhan operasi konservasi alam di Indonesia, pada umumnya," kata Bob Azam, Direktur Administrasi, Corporate dan Hubungan Eksternal TMMIN, Jumat (7/12/2018) .

"Di sisi lain, upaya pelestarian lingkungan kami lakukan dengan memastikan bahwa produksi kendaraan Toyota dari hulu ke hilir juga memperhatikan proses yang ramah lingkungan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” sambung Azzam.

Toyota Indonesia percaya bahwa pendidikan lingkungan hidup untuk menanamkan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup merupakan salah satu kunci bagi pelestarian lingkungan hidup. 

Karenanya, selain donasi kepada program-program pendidikan lingkungan hidup, sejak tahun 2005, Toyota Indonesia menyelenggarakan program Toyota Eco Youth yang hingga tahun ke-11 kini telah melibatkan lebih dari 260.000 siswa dan siswi Sekolah Menengah yang tersebar dari Sabang dan Merauke. 

Selain untuk mendukung bidang pendidikan lingkungan hidup, Toyota Indonesia juga secara rutin mendukung kegiatan belajar-mengajar melalui donasi alat bantu praktikum seperti mesin dan mobil utuh. 

Tercatat 169 mesin dan 47 mobil telah didonasikan Toyota Indonesia kepada instansi pemerintah, lembaga pendidikan, dan institusi masyarakat di Indonesia.

Untuk kegiatan konservasi, Toyota Indonesia juga telah menjalankan program Toyota Forest yang semakin intensif sejak tahun 2003. Hingga kini, Toyota Forest telah berhasil menanam dan memelihara lebih dari 1.600.000 pohon hingga awal tahun 2018. 

Dalam 5 tahun terakhir, program Toyota Forest berfokus pada penanaman dan pemeliharaan pohon bakau di sepanjang pesisir pantai Jawa. Diawali di Kepulauan Seribu, 950.000 pohon bakau telah ditanam dan dipelihara di wilayah Karawang Jawa Barat dan beberapa tempat di Jawa Tengah.

Melalui semangat “Toyota Berbagi” (BERsama MemBAnGun Indonesia) yang terdiri dari tiga pilar utama yaitu Pengembangan Produk dan Teknologi, Pengembangan Industri, dan Tanggung Jawab Sosial (CSR), menjadi simbol dari semangat Toyota untuk bersama dengan pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?