• News

  • Kesra

Allianz Indonesia Lakukan CSR Program Bank Sampah Gusling

Antrian Nasabah Bank Sampah Gusling
Dok: Allianz Indonesia
Antrian Nasabah Bank Sampah Gusling

JAKARTA, NNC – Sejak tahun 2016, Allianz Indonesia bersama dengan masyarakat sekitar Kelurahan Guntur, Jakarta Selatan, membangun sistem pengelolaan sampah terpilah melalui program bank sampah sebagai salah salah satu dari rangkaian kegiatan program CSR Pelayanan Sosial Kemasyarakatan.

Allianz Indonesia berperan sebagai fasilitator untuk memberikan pelatihan pilah sampah, komposting dan manajemen bank sampah serta membentuk kepengurusan bank sampah. Pembentukan Bank Sampah Gusling (Guntur Sadar Lingkungan) ini bertujuan membantu masyarakat Kelurahan Guntur mengurangi penumpukan sampah dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih sehingga masyarakat dapat hidup lebih sehat.

Di tahun 2018, Allianz Indonesia yang terus berkomitmen untuk mendukung program Bank Sampah Gusling dengan melakukan inisiatif kegiatan penimbangan sampah di Allianz Tower yang melibatkan karyawan, agen, dan petugas kebersihan yang bekerja di gedung kantor pusat Allianz Indonesia

Kegiatan penimbangan sampah di Allianz Tower yang diprakarsai oleh tim CSR Allianz Indonesia ini bekerja sama dengan pengurus Bank Sampah Gusling, melibatkan karyawan sebagai volunteer yang berperan sebagai pemilah jenis sampah dan membantu proses penimbangan. Selama satu tahun ini, tercatat sebanyak 56 orang volunteer telah berpartisipasi untuk mendukung kegiatan ini berjalan dengan baik.

"Sebagai bentuk dukungan terhadap program CSR kami sekaligus menandai peningkatan akan kesadaran karyawan dan masyarakat yang berada paling dekat dengan di lingkungan kami bekerja, inisiatif ini mendatangkan antusiasme luar biasa. Tujuan kami adalah mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk mengelola sampah, mulai dari sampah yang dihasilkan sendiri/rumah tangga, sehingga dapat mengurangi volume sampah yang ditimbun ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Selama satu tahun, kegiatan ini telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi Bank Sampah Guntur Sadar Lingkungan (Gusling)," kata Arini S. Bachtiar, Head of Corporate Events & CSR, Allianz Indonesia, Rabu (16/1/2018).

Selama tahun 2018, kegiatan Penimbangan Sampah di Allianz Tower telah mengajak 91 orang nasabah, atau sebesar 77 persen dari total penambahan nasabah Bank Sampah Gusling tahun 2018 sebanyak 118 orang. Sejak berdiri di tahun 2016 hingga saat ini, jumlah kesuluruhan nasabah Bank Sampah Gusling adalah sebanyak 189 orang.

Sedangkan jumlah timbangan sampah (serapan sampah) yang telah disetorkan oleh nasabah di tahun 2018 dari kegiatan Penimbangan Sampah di Allianz Tower adalah sebanyak 3.680 kg, atau sebesar 44 persen dari total serapan sampah yang diperoleh Bank Sampah Gusling secara keseluruhan sebanyak 8.365 kg.

Dari 10 kali kegiatan selama tahun 2018, penimbangan sampah di Allianz Tower berhasil mengumpulkan tabungan nasabah sebesar Rp4.277.518 atau 30% dari total tabungan nasabah Bank Sampah Gusling sebesar Rp14.052.934.

"Allianz Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung program Bank Sampah Gusling sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan terdekat dari tempat kami bekerja. Keberhasilan kami mendukung program ini tidak lepas dari kesadaran dan partisipasi yang sangat berarti dari para karyawan, agen juga petugas kebersihan yang bekerja di Allianz Tower. Harapan kami ke depannya, kegiatan ini dapat terus memberikan  kontribusi terhadap keberlangsungan program Bank Sampah Gusling dan meningkatkan kebersihan lingkungan," tutup Arini.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Firman Qusnulyakin

Apa Reaksi Anda?