• News

  • Kesra

Uskup Mgr Sol Misionaris Sejati Telah Pergi Selamanya

Mgr. Andreas Peter Cornelius Sol, M.S.C (duduk) dan Uskup Amboina Mgr PC Mandagie,
istimewa
Mgr. Andreas Peter Cornelius Sol, M.S.C (duduk) dan Uskup Amboina Mgr PC Mandagie,

Berita Terkait

AMBON, NETRALNEWS.COM - Mgr. Andreas Peter Cornelius Sol, M.S.C, Uskup Keuskupan Amboina 1964 sampai 1984 telah pergi selamanya ke rumah Bapa di surga.

Beliau meninggal dalam usia 100 tahun di Ambon, Maluku, Sabtu (26/3/2016) pukul 07.15 WIT.
Kepergiannya begitu paripurna di saat Hari Paskah, Kebangkitan Yesus Kristus dari mati. Monsinyur Sol lahir di Amsterdam, Belanda, 19 Oktober 1915.

Dia ditahbiskan menjadi imam (pastor) pada tanggal 10 Agustus 1940 dan terpilih menjadi Uskup di Keuskupan Amboina pada tanggal 10 Desember 1963. Ia ditahbiskan menjadi Uskup pada 25 Februari 1964 oleh pendahulunya, Mgr. Jacques Grent, M.S.C.

Saat tahbisannya, bertindak sebagai uskup ko-konsekrator, Uskup Agung Jakarta, Mgr. Adrianus Djajasepoetra, SJ dan Uskup Agung Makassar, Mgr. Nicolas Martinus Schneiders, C.I.C.M.

Mgr. Sol pensiun pada 10 Januari 1994 dan kepemimpinan Keuskupan Amboina dilanjutkan oleh Mgr. Petrus Canisius Mandagi, M.S.C sampai sekarang.

Tertua di Dunia

Ketika masih berusia 96 tahun, Mgr Sol termasuk satu dari 100 Uskup Roma Katolik tertua di dunia. Dia pun merupakan misionaris sejati di Tanah Ambon.

Sejak jadi imam hingga menjadi uskup dan pensiun (emeritus) dia tetap hidup melayani  dan berkarya di Ambon.
Uskup Sol telah merayakan HUT ke-50, baik HUT kelahiran, HUT sebagai biarawan MSC, HUT sebagai Imam, bahkan HUT tahbisan Episkopat, semuanya di tanah Maluku.

Angka ini hendak mengatakan kepada kita bahwa Bapa Uskup Sol adalah misionaris sejati yang mau mengabdikan seluruh hidupnya untuk umat Keuskupan Amboina.

Demikian disampaikan Wakil Propinsial MSCIndonesia Pastor Albertus Jamlean MSC  dalam perayaan HUT ke-50 Tahbisan Uskup Mgr Andreas Petrus Cornelius Sol MSC, Uskup Emeritus Keuskupan Amboina, di Biara Hati Kudus Batu Gantung, Ambon, 25 Februari 2014 lalu seperti dilansir penakatolik.com

Sesuai catatan sejarah MSC, kata Pastor Jamlean, Uskup Andreas Sol adalah Imam MSCtertua dalam usia imamat, karena di bulan Agustus 2014 Mgr Sol akan merayakan 74 tahun imamatnya, dan dari sudut pandang usia, Uskup Sol adalah anggota MSCkedua tertua di dunia.

Selamat jalan Uskup Mgr Andreas Sol.  Karyamu telah menyelamatkan banyak orang.

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?