• News

  • Kesra

Franz Magnis Suseno: Pancasila Syarat Masyarakat Majemuk Bersatu

Budayawan sekaligus Rohaniawan Katolik Pofesor Frans Magnis Suseno, SJ (JakartaMinggu)
Budayawan sekaligus Rohaniawan Katolik Pofesor Frans Magnis Suseno, SJ (JakartaMinggu)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Budayawan sekaligus Rohaniawan Katolik Pofesor Frans Magnis Suseno, SJ mengatakan, Pancasila merupakan salah satu syarat masyarakat majemuk, yakni Indonesia untuk dapat bersatu.

"Pancasila adalah salah satu syarat masyarakat majemuk bersatu," ujar Romo Magnis saat menjadi pembicara dalam Lokakarya Nasional Dosen Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Pertemuan Pengajar Pancasila Se-Indonesia, yang dilaksanakan Universitas 17 Agustus 1945 (UTA'45), Rabu (22/2/2017).

Dikatakan Romo Magnis, Pancasila sampai saat ini masih menjadi tantangan bagi Bangsa Indonesia. Sikap Pancasilais yang diharapkan juga seharusnya menghasilkan pribadi yang berkarakter dan tidak bersikap seperti bendera, mengikuti angin.

Jika disederhanakan, kata Romo Magnis, Pancasila sebagai cita-cita dan norma-norma etika politik Bangsa Indonesia, karena nilai dari lima sila sebenarnya sudah tertanam lama di hati masyarakat Indonesia jauh sebelum Soekarno merumuskannya.

"Pancasila masih menjadi cita-cita, karena apa yang dirumuskan akhirnya berupa realitas, kemudian jadi kenyataan. Cita-cita ini usaha yang tidak pernah selesai barangkali," kata Pastor penerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama ini.

Romo Magnis juga mengatakan, Pancasila merupakan dasar etika politik dalam artian jelas seluruh kegiatan perpolitikan di negara, baik legislatif maupun eksekutif dan lainnya dijalankan sesuai sebagai Pancasila dan direalisasikan dengan Pancasila. "Kalau tidak sesuai dengan Pancasila tidak sah," tegas Romo Magnis.

"Kita tidak boleh tidak memperhatikan nilai-nilai yang diartikan, nanti bisa jadi kontroversi," tambahnya.

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?