• News

  • Kuliner

Ini 6 Kuliner Khas Kota Jambi yang Harus Dicoba

Nasi Gemuk
Masakandapurku
Nasi Gemuk

JAMBI, NNC - Berburu kuliner lokal di kota tujuan wisata selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Jika Jambi adalah destinasi wisata Anda, enam kuliner khas di bawah ini harus masuk dalam daftar sajian yang Anda coba. Berikut adalah informasi mengenai kuliner lokal Jambi dan lokasi terbaik untuk mencicipi tiap kuliner tersebut.

1. Nasi Gemuk
Nasi gemuk memiliki kemiripan dengan nasi uduk yang sering dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Untuk membuat nasi gemuk, beras dimasak bersama santan, daun jeruk, daun pandan, dan daun salam, sehingga menghasilkan cita rasa unik nan lezat. Nasi khas Jambi ini biasa disajikan dengan irisan telur dadar dan mentimun, serta taburan bawang goreng yang renyah.

Di mana bisa Anda temukan? Nasi Gemuk Wak Jamal di Jalan Orang Kayo Hitam, Pasar Jambi, atau Nasi Gemuk & Lontong Sayur BUNCIOK di Talang Jauh, Jelutung.

2. Pempek Sambal
Pempek mungkin sudah identik sebagai makanan khas dari Palembang. Namun, di Jambi pun Anda dapat menemukan pempek khas Jambi yang tidak kalah lezat.

Perbedaan antara pempek Jambi dan Palembang terletak pada sambal atau kuahnya. Jika Palembang menggunakan kuah cuka, maka Jambi menggunakan sambal yang dicampur kunyit dan daun jeruk sebagai pelengkap pempeknya.

Di mana bisa Anda temukan? Pempek Sambal Jambi, Jalan H Moh Bafadhal, Sungai Asam, Pasar Jambi.

3. Otak-Otak Ikan Tenggiri
Makanan olahan ikan cukup banyak ditemukan di Jambi. Selain pempek, Anda juga bisa mencicipi otak-otak yang terbuat dari ikan tenggiri. Otak-otak ikan tenggiri diolah dengan cara dikukus dan dihidangkan bersama sambal pedas yang gurih.

Di mana bisa Anda temukan? Otak-Otak Ikan Segar Sinar Baru, Jalan Kompol Zainal Abidin Nomor 78.

4. Tempoyak
Tempoyak adalah makanan yang terbuat dari hasil fermentasi buah durian. Saat menyantap tempoyak, Anda akan merasakan rasa khas dari buah durian yang berpadu dengan rasa asam dari cuka. Tempoyak biasa dijadikan kuah pendamping nasi atau disajikan bersama potongan ikan segar.

Di mana bisa Anda temukan? RM Bu Salma, Jalan Yusuf Singadekane, Sungai Putri, Telanaipura

5. Gulai Tepek Ikan
Gulai tepek ikan menggunakan ikan gabus sebagai bahan utamanya. Kuah gulai yang gurih serta daging ikan gabus yang terasa lembut saat disantap menjadi alasan mengapa makanan ini banyak digemari.

Masyarakat Jambi kerap menyajikan gulai tepek ikan sebagai hidangan dalam acara adat, seperti saat kenduri atau pernikahan.

Di mana bisa Anda temukan? Rumah Makan Khas Jambi – Kajang Lako Haryono, Telanaipura

6. Dodol Nanas

Dodol Nanas (Inibaru)

Nanas menjadi salah satu komoditas utama yang dimiliki oleh Kota Jambi. Di kota ini, buah yang memiliki rasa asam dan manis tersebut diolah menjadi berbagai jenis makanan. Salah satunya adalah dodol nanas. Anda bisa mencoba rasa lezat dari penganan manis ini sekaligus membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas dari Jambi.

Di mana bisa Anda temukan? Dodol Nenas Tulimario, Jalan M Said I Nomor 72, Sungai Asam, Pasar Jambi.

Itulah enam kuliner khas yang harus Anda coba saat berkunjung ke Kota Jambi. Jika Anda penasaran dan ingin mencoba bagaimana rasa sesungguhnya dari keenam kuliner di atas, Jambi bisa dijadikan sebagai destinasi liburan selanjutnya. Segera cek harga tiket pesawat promo Februari 2019 dan pastikan Anda mendapatkan tiket penerbangan dengan harga terbaik.

Editor : Y.C Kurniantoro

Apa Reaksi Anda?