Selasa, 24 Oktober 2017 | 02:08 WIB

  • News

  • Kuliner

Musim Hujan, Hangatkan Tubuh Anda dengan Minuman Ini

Wedang Jahe.(dok.manfaat)
Wedang Jahe.(dok.manfaat)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hujan deras, membuat kita lebih sering ada di rumah sambil menikmati aroma hujan yang khas. Agar Anda semakin menikmati suasana hujan dan menghangatkan tubuh karena udara yang dingin, Anda biasanya akan ditemani dengan segelas minuman hangat.
 
Berikut minuman hangat yang bisa menghangatkan badan Anda ketika hujan, dilansir dari berbagai sumber.
 
Minuman Jahe
Jahe yang ada di dapur bisa Anda manfaatkan untuk menikmati hujan, salah satunya dengan keprekan jahe. Anda hanya cukup membersihkan jahe lalu di-krepek dan dimasukkan ke dalam satu gelas air panas. Selain jahe bisa menghangatkan tubuh, jahe juga memberikan banyak manfaat, di antaranya membantu mengatasi radang dan mengatasi mual dan sakit kepala ringan.
 
Wedang Bajigur
Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda, Jawa Barat. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili.
 
Sarabba
Sarabba adalah minuman khas Makassar yang terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica bubuk. Sarabba cocok untuk mengusir flu, menghangatkan badan, mengeluarkan angin dari tubuh saat masuk angin.

Masyarakat Makassar sebagian besar mengkonsumsinya sebagai pemulih stamina karena kuning telur dipercaya sebagai pemulih stamina (jamu), penawar letih setelah seharian beraktivitas dan untuk menghangatkan badan. Kini, tangan-tangan kreatif telah mengajak kita memudahkan untuk menikmati minuman khas Makassar ini di luar kota Makassar yakni dengan menyajikannya dalam sebuah kemasan.

Wedang Ronde
Wedang Ronde bisa dibilang menjadi minuman khas kota Solo. Wedang Ronde terdiri dari bulatan tepung beras yang diisi dengan kacang halus yang teksturnya hampir sama dengan moci. Agar lebih mantap, dilengkapi dengan kolang kali dan kacang tanah. Kemudian disiram dengan air jahe hangat yang sudah dicampur dengan gula.
 
Wedang Tahu
Wedang tahu adalah minuman yang mempunyai aroma jahe dan berisi kembang tahu yang terbuat dari sari kedelai. Minuman ini berkhasiat sebagai penghangat tubuh dan sangat cocok bila dinikmati pada musim hujan, pada pagi ataupun sore hari.

Wedang Tahu terbuat dari susu kedelai yang dicampur dengan air garam, dan bubuk agar-agar yang dimasak sehingga menjadi kembang tahu atau tahu sutera, yang akan dijadikan sebagai isi dari wedang Tahu tersebut.
 

 

Reporter : Sesmawati
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?