• News

  • Kuliner

Ini Tahapan Membuat Opak Singkong yang Enak, Selamat Mencoba

Opak Singkong.(dok.desamembangun)
Opak Singkong.(dok.desamembangun)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Opak Singkong merupakan salah satu camilan khas Wonosobo-Jawa Tengah. Pada awalnya, hanya masyarakat dari Desa Kalibeber, Mojotengah-Wonosobo yang membuatnya. Namun kini, tak sedikit masyarakat dari desa hingga kota lain yang membuat Opak Singkong

Pada perkembangannya, camilan tradisional yang dulu hanya hadir dengan satu varian rasa gurih ini, sekarang bisa dinikmati dalam balutan bumbu tabur yang beraneka ragam. Ada rasa barbeque, rumput laut hingga pedas. 

Untuk membuat Opak Singkong yang renyah, menurut Listura Samsudin, corporate chef, kualitas singkong harus sangat diperhatikan. Sebaiknya pilih singkong dengan tekstur yang empuk dan warna daging putih kekuningan. Salah satu varietasnya adalah singkong manggu, yang memang kerap digunakan sebagai bahan dasar Keripik Singkong

Lantas, seperti apa tahap pembuatannya? Proses membuat opak singkong dimulai dengan mengukus hingga matang potongan singkong yang telah dikupas kulitnya. Setelah itu, dilumatkan dengan cara ditumbuk seperti membuat getuk. 

Kemudian ditambahkan bumbu halus berupa bawang putih, lada  dan garam. jika adonan sudah tercampur rata, proses membuat opak singkong dilanjutkan dengan menggiling adonan hingga tipis. Bisa menggunakan bamboo, rolling pin atau dengan gilingan mie. 

Standar ideal, kata Chef Listura, untuk satu keping adonan opak singkong adalah 15 gram dengan ketebalan ½ - 1 mm.

Setelah itu adonan ditata di atas wadah dan dikeringkan. Proses pengeringan bisa dengan menggunakan sinar matahari atau dengan oven. Jika menggunakan sinar matahari adonan opak singkong dijemur selama 1 atau 2 hari hingga adonan mengeras dan kering. Namun jika menggunkan oven, adonan dipanggang dengan suhu 160-180 ˚C selama kurang lebih 15 menit hingga adonan mengeras dan kering.

Proses pengolahan opak singkong dapat dilakukan dengan cara digoreng ke dalam minyak banyak atau dengan cara yang lebih sehat yaitu menggunakan pasir panas.

Jika menggoreng dengan minyak, maka gunakan minyak banyak hingga opak singkong tenggelam ke dalam minyak. Dan suhu yang digunakan juga harus sudah cukup panas, agar menghasilkan Kripik Opak Singkong dengan tekstur yang renyah dan mengembang. 

Sementara untuk metode menggoreng menggunakan pasir panas merupakan alternatif teknik menggoreng yang sehat, karena bebas dari minyak atau kolestrol. Namun kelemahannya hasil dari kripik opak singkong kurang mengembang. 

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?