Rabu, 13 Desember 2017 | 06:30 WIB

  • News

  • Megapolitan

Mantap, Semua Gaji Sandiaga sebagai Wagub akan Disalurkan ke Fakir Miskin

Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno
Netralnews/Toar Sandy Purukan
Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sandiaga Uno berjanji, setelah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, gaji bulanannya akan disalurkan ke anak yatim, fakir miskin, dan kaum dhuafa. Hal ini telah dikoordinasikan dengan timnya.

"Saya sudah menyampaikan kepada tim bahwa disiapkan mekanisme gaji per bulannya akan disalurkan kepada anak yatim, kaum dhuafa, fakir miskin. Full setiap bulan," ujar Sandiaga di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2017).

Lantas, berapa gaji sandiaga per bulan setelah menjabat wakil gubernur? Menurut Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDHKLN) M Mawardi, Sandiaga akan mendapatkan upah Rp2,4 juta.

"Gaji gubernur Rp3 juta sesuai Dirjen Anggaran Depkeu, Wagub Rp2,4 juta. Tunjangan gubernur R 5,4 juta dan Wagub Rp4,3 juta," ujar Mawardi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Meski gajinya terbilang kecil, namun tunjangan operasional untuk Anies-Sandi berkisar Rp4 miliar sampai Rp4,5 miliar setiap bulan. Angka itu didapatkan berdasarkan PP Nomor 109 Tahun 2000 dengan perhitungan 0,13 persen dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI yakni Rp35 triliun.

"Operasional menyesuaikan PP 109 Tahun 2000, yakni 0,12-0,15 dari PAD. Gubernur (sebelumnya) sekitar Rp4 miliar," tandas Mawardi.

Seperti diberitakan, Anies-Sandi akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Senin (15/10/2017). Pasangan yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS di Pilkada DKI itu akan menggantikan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?