Sabtu, 25 November 2017 | 07:05 WIB

  • News

  • Megapolitan

Lakukan Penipuan, Mantan Gelandang Mitra Kukar Diringkus Polisi

Warga negara Kamerun berinsial NDS ditangkap.
Netralnews/Toar Sandy Purukan
Warga negara Kamerun berinsial NDS ditangkap.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) meringkus seorang warga negara Kamerun berinsial NDS, karena melakukan tindak pidana penipuan.

Modus penipuan yang dilakukan oleh mantan gelandang Perserikatan Sepak Bola (Persiba) Balikpapan dan Mitra Kukar tersebut, yaitu mengaku bisa menggandakan uang dollar Amerika.

"Di Indonesia sejak 2004, dahulu sempat jadi gelandang sepak bola di Persiba dan Mitra Kukar," kata NDS di Mapolres Metro Jaksel, Kamis (19/10/2017).

NDS mengaku melakukan kejahatannya itu karena terpaksa. Ia mengaku memburuhkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, setelah tidak lagi dikontrak menjadi pesepakbola.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan bahwa NDS itu ditangkap di sebuah kafe yang ada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Terkait modus, ia menerangkan, NDS mejanjikan bisa menggandakan uang dollar kepada korbannya yang juga merupakan teman pelaku.

"Pelaku sudah dua kali beraksi, di Jakbar dan Jaksel. Korban terakhir di Jaksel, dirayu menyerahkan uang dollar Amerika sebanyak 7 lembar dengan pecahan 100 dollar," ujar Bismo.

Setelah mendapatkan uang 700 US$, pelaku menyimpan uang asli, kemudian menukar dengan uang dollar palsu dan uang palsu itu diberikan kepada korban. Sesampainya di rumah, korban baru mengetahui kalau dollar yang diterimanya itu ternyata palsu.

"Dari dua korban itu, kerugiannya mencapai seribu dollar. Pelaku belajar menggandakan uang dari temannya, yang lebih dahulu ditangkap pada tahun 2013 silam. Pelaku kami jerat pasal 378 KUHP dengan hukuman 8 tahun penjara," paparnya.

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?