Sabtu, 25 November 2017 | 06:51 WIB

  • News

  • Megapolitan

Soal Penanganan Banjir, Sandiaga Ingin Walikota hingga Lurah Jemput Bola

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno.
Netralnews/Adiel Manafe
Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dalam penanganan masalah banjir di ibukota, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berharap, walikota, camat, hingga lurah, tak hanya diam menunggu laporan, tetapi harus memiliki inisiatif jemput bola ke lokasi.

"Nanti Pak Gubernur (Anies Baswedan) akan sampaikan pada camat dan lurah untuk menjemput bola. Antisipasi di mana titik-titik yang mengandung risiko. Nggak bisa menunggu laporan," Kata Sandiaga, Senin (13/11/2017).

Menurutnya, siap siaga harus dilakukan oleh walikota hingga lurah, mengingat saat ini cuaca semakin sulit diprediksi, sehingga banjir bisa terjadi kapan saja.  Karenanya, penanganan banjir harus dilakukan secara cepat agar tidak menimbulkan korban.

"Kita memastikan ini pengarahan Pak Gubernur dan seluruh pamong, wali kota, lurah, camat, untuk siaga untuk betul-betul on call. Karena penanganannya harus on the spot," papar politisi Gerindra itu.

Selain siap tanggap, lanjut Sandi, antisipasi banjir dengan rutin melakukan pemeriksaan saluran air juga harus dilakukan, agar tidak terjadi penyumbatan dan menyebabkan banjir. Begitu juga dengan tanggul, ia mengingatkan untuk dilakukan pengecekan dan perawatan dengan baik.

"Hari ini sudah dimulai di BKB (Banjir Kanal Barat) Tanah Abang. Kita pastikan tidak ada gangguan. Kami juga pantau dari smart city, prediksi dari daerah mana alami risiko yang ada genangan," tandasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?