Sabtu, 25 November 2017 | 06:52 WIB

  • News

  • Megapolitan

Anies Akan Tertibkan Permukiman di Bantaran Sungai

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Netralnews/Adiel Manafe
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, dalam proyek normalisasi sungai, pihaknya tak segan-segan menertibkan bangunan di bantaran sungai yang terbukti melanggar aturan.

"Nanti kita selesaikan sesuai dengan prioritas. Kalau melanggar harus ditertibkan dong," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (13/11/2017).

Hal itu disampaikan Anies, setelah mendapat laporan, salah satunya dari Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi, tentang adanya bangunan yang berada bantaran sungai sebagai penyebab terhambatnya proses normalisasi.

"Tadi ditunjukkan beberapa wilayah yang lebarnya sungai harusnya 10 meter, di tempat itu lebarnya ada yang cuma sampai 2 meter. Dan yang terjadi sudah jelas, potensi banjir menjadi sangat besar. Itu terkait dengan normalisasi yang kita bicarakan juga agak panjang," jelasnya.

Anies menambahkan, sejauh ini pihaknya belum mendapat data yang lengkap terkait apakah permukiman warga tersebut memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau tidak.

"Dari sistem tadi saya lihat hampir semua permukiman warga, ketika saya tanya semua belum ada jawaban. Apakah ada IMB atau tidak apakah dibangun sesuai aturan atau tidak saat dibangun," pungkasnya.

Untuk itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku akan mengadakan rapat dengan semua pemangku kepentingan dari seluruh wilayah Jakarta, guna membahas soal normalisasi sungai.

"Karena itulah kami akan panggil khusus semua tempat sehingga masalahnya tidak dilihat kasus per kasus, tapi keseluruhan masalah di bantaran sungai di Jakarta," tandas Anies.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?