Rabu, 13 Desember 2017 | 10:19 WIB

  • News

  • Megapolitan

Anies Klaim Kantongi Izin Istana soal Acara Keagamaan di Monas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Netralnews/Adiel Manafe
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sejumlah pihak mempertanyakan rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar 'Tausiyah Kebangsaan Memperingati Hari Pahlawan' di kawasan Monumen Nasional ( Monas), pada Minggu (26/11/2017) mendatang.

Pasalnya, penggunaan kawasan Monas untuk kegiatan keagamaan, pendidikan, ataupun kebudayaan, bertentangan dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah DKI Jakarta.

Keppres ini mengategorikan lokasi Monas dan sekitar Jalan Medan Merdeka Selatan, Utara, Barat, dan Selatan ke dalam zona netral.

Aturan tersebut dibuat turunannya berupa Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2004. Pada kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, terbit prosedur pemanfaatan area Monas Nomor 8 Tahun 2015.

Menanggapi hal itu, Anies mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Istana terkait izin digelarnya acara tersebut. "Semuanya sudah disiapkan (koordinasi dengan Istana)," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/11/2017).

Pada kesempatan itu, Anies juga mengungkapkan soal tujuan digelarnya acara tausiyah tersebut, yakni mengirimkan doa kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.

"Mereka adalah pahlawan bangsa yang jasanya sampai hari ini masih dirasakan, mereka yang ikut menentukan arah perjalanan bangsa ini. Karena itu, kita rayakan dengan mendoakan mereka," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Serangkaian acara dalam memperingati Hari Pahlawan, lanjut Anies, telah disiapkan mulai pagi hingga malam hari. "Nanti akan ada pawai, ada marching band akan ada banyak kegiatan, di sekitar mulai dari Dukuh Atas sampai ke Monas, kemudian dilanjutkan malamnya dengan kegiatan tausiyah, itu rencananya," tandasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?