• News

  • Megapolitan

Pria Yang Diduga Hina Habib Rizieq Telah Dipulangkan

Habib Rizeq Shihab
Istimewa
Habib Rizeq Shihab

JAKARTA, NNC - Seorang pria berinsial AS yang dituding menghina pemimpin Front Pembela Islam ( FPI),  Habib Rizieq Shihab sudah dipulangkan oleh pihak kepolisian, setelah sempat menjalani pemeriksaan pada Senin (4/12/2017). AS tidak ditahan, karena Habib Rizieq yang dianggap sebagai korban penghinaan tidak melaporkan hal tersebut secara langsung ke polisi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan, AS tidak bisa dipidana mengingat apa yang dituduhkan padanya adalah delik aduan, sehingga korban harus melaporkannya terlebih dahulu ke polisi.

Sementara dalam kasus ini, Habib Rizieq yang dianggap jadi korban tidak melaporkan AS ke polisi. "Iya sudah pulang, jadi intinya bahwa dia menulis, dia diinterogasi di RT dan RW, karena banyak orang datang lalu dibawa ke polsek (Kemayoran-red). Karena semakin banyak orang datang, kemudian dibawa ke Polres (Jakarta Pusat)," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Selasa (5/12/2017).

Sementara Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Tahan Marpaung mengaku setelah menghubungi keluarga yang bersangkutan untuk dipulangkan, karena AS tidak bisa dipidana.

"Kemarin kita pulangkannya. Dia warga Kemayoransudah pulang ke rumahnya," tambah Tahan.

Sebelumnya diberitakan, dianggap menghina Imam Besar Front Pembela Islam ( FPI), Rizieq Shihab, pria berinisial AS diburu beberapa anggota organisasi masyarakat. Dia diduga menghina Rizieq melalui media Facebook-nya yang bernama 'Ukky Thiam'.

AS diburu anggota Lembaga Bantuan Hukum Bang Japar dan FPI di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu( 3/12/2017) malam. Namun, penyidik tidak bisa langsung menindak AS.

Sebab, kasus dugaan penghinaan ini harus didasarkan atas laporan korban langsung, yang dalam hal ini adalah Habib Rizieq. Mengingat, kasus tersebut merupakan delik aduan.

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?