Selasa, 12 Desember 2017 | 11:33 WIB

  • News

  • Megapolitan

Memasuki Musim Hujan, Anies Ingatkan Warga Tiga Kata Kunci

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat tiba di GOR Ciracas.
NNC/Adiel Manafe
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat tiba di GOR Ciracas.

JAKARTA, NNC - Dalam kunjungan kerja dan silaturahmi dengan jajaran Pemerintahan Wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan warga dalam mengantisipasi kemungkinan bencana yang terjadi selama musim hujan dengan tiga kata kunci sebagai pegangan.

"Saya ingin mengajak Bapak/Ibu semua, mari pastikan di tempat-tempat kita semua bisa menjalankan tiga hal untuk bulan-bulan ke depan sampai Februari (2018). Tiga ini kita harus dijadikan pegangan," kata Anies dalam sambutannya di GOR Ciracas, Jumat (8/12/2017).

Yang pertama, siaga. Anies mengimbau warga untuk berjaga dan mengantisipasi serta memastikan setiap saluran-saluran air menjadi bersih. Begitupun dengan tempat-tempat pengumpulan sampah harus dibersihkan. Ia meminta jajarannya melakukan hal yang sama, yakni siaga.

"Yang kedua, tanggap. Bila ada masalah, bila ada kejadian jangan duduk diam dan bilang, 'Ah, itu bukan urusan saya.' Setiap saudara kita di Jakarta mengalami masalah banjir maka internal tanggung jawab kita semua, tanggap, lapor, bertindak, dan menggerakkan," ujarnya.

Sementara kata kunci ketiga adalah galang. Di mana mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berharap seluruh warga berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan menyelesaikan persoalan yang ada secara bersama-sama.

"Ada tiga kata, siaga, tanggap, dan galang. Tiga kata itu, tiga kata kunci yang bulan-bulan ke depan mari kita pegang sama-sama. Untuk itu bagian kita ikhtiar, bagian kita mencegah, sesudah itu kita berdoa semoga Allah menjauhkan kota ini dari segala macam bencana, termasuk bencana banjir," tandasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro

Apa Reaksi Anda?