Selasa, 16 Januari 2018 | 18:42 WIB

  • News

  • Megapolitan

MUI Ancam Boikot Amerika Serikat

Ketua MUI KH Ma'ruf Amin dalam orasinya di Aksi Bela Palestina di Monas, Minggu (17/12/2017) pagi. Selain memboikot, MUI juga mengancam mengusir Duta Besar AS untuk Indonesia.
NNC/ Adiel Manafe
Ketua MUI KH Ma'ruf Amin dalam orasinya di Aksi Bela Palestina di Monas, Minggu (17/12/2017) pagi. Selain memboikot, MUI juga mengancam mengusir Duta Besar AS untuk Indonesia.

JAKARTA, NNC - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengancam akan memboikot segala hal yang berkaitan dengan Amerika Serikat (AS), jika Presiden Donald Trump tidak menarik pernyataannya soal Yerusalem sebagai Ibukota Israel.

Hal itu disampaikan Ketua MUI KH Ma'ruf Amin dalam orasinya di Aksi Bela Palestina di Monas, Minggu (17/12/2017) pagi. Selain memboikot, MUI juga mengancam mengusir Duta Besar AS untuk Indonesia.

"Kami disini untuk membela saudara-saudara kita di Palestina. Islam bersatu, bela Palestina. Indonesia bersatu, bela Palestina. Bebaskan Palestina," kata Ma'ruf Amin.

"Hari ini kita akan membuat pernyataan sikap. Jika Trump tidak mau juga mencabut pernyataannya, maka perang, usir dan boikot. Boikot Amerika! Takbir,"  tegasnya.

Hal senada juga diutarakan Wakil Ketua Umum MUI Ikhsan Abdullah. Ia menyebut, siang ini pihaknya akan menyambangi Kedubes AS untuk menyerahkan petisi penolakan umat Islam Indonesia atas pernyataan Trump soal Yerusalem.

"Siang ini kami mau ketemu dengan Kedubes AS. Kami akan sampaikan langsung penolakan umat muslim di Indonesia tentang pernyataan Trump yang mengaku Al Aqsha adalah Ibu Kota Israel," ungkapnya.

Menurut Ikhsan, sudah sejak lama, Yerusalem merupakan Ibukota Palestina. Dengan begitu, MUI meminta orang nomer satu di Amerika tersebut untuk mencabut klaim tersebut. 

"Sudah jelas itu Ibukota Palestina. Kami tetap meminta dia (Trump) untuk mencabut pernyataan sepihak yang telah di lontarkan," ujar Ikhsan.

Dijelaskannya, jika pemintaan tersebut tidak diindahkan oleh pihak Kedubes, Ikhsan meminta masyarakat Indonesia untuk memboikot semua produk Amerika. 

"Kami minta seluruh masyarakat Indonesia untuk memboikot produk mereka yang ada di Indonesia," tegasnya.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Farida Denura

Apa Reaksi Anda?