• News

  • Megapolitan

Anies-Sandi Siap Ganti Rugi soal Reklamasi, Yusril Ingatkan APBD Uang Rakyat

Yusriel Ihza Mahendra
NNC/Adiel Manafe
Yusriel Ihza Mahendra

JAKARTA, NNC - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sempat mengirim surat ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk meminta membatalkan atau tidak menerbitkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) pulau-pulau hasil reklamasi.

Meski pada akhirnya permintaan itu ditolak oleh Kementerian ATR/BPN, namun Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno pernah mengungkapkan kesiapan mereka menjalankan segala konsekuensi atas permintaan pembatalan sertifikat HGB tersebut.

Salah satu konsekuensinya adalah mengembalikan uang yang telah diberikan oleh pengembang pulau reklamasi terhadap bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Sikap Anies-Sandi ini dipertanyakan oleh pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra, terutama soal uang yang akan digunakan Pemprov DKI untuk ganti-rugi.

"Perjanjian nggak bisa dibatalkan sepihak, apalagi reklamasi sudah selesai. Kalau (reklamasi) dibatalkan, Pemda DKI ganti rugi," kata Yusril, Sabtu (13/1/2018).

"Bayar dari APBD? Dari uang rakyat juga. Pemprov DKI siap bayar, uang dari mana? Mau diapain pulaunya, dihancurkan? Duit rakyat sia-sia siapa yang berani pertanggungjawabkan," ujar mantan Menteri Hukum dan Perundang-undangan itu.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, atas permintaan pembatalan HGB tiga pulau reklamasi, yakni Pulau C, D, dan G, pihaknya siap menjalankan segala konsekuensi yang ada. Termasuk mengembalikan uang yang telah diberikan oleh pengembang pulau reklamasi terhadap BPHTB, senilai sekitar Rp483 miliar.

"Kami siap dan kami memiliki argumentasi hukum yang kuat dan oleh karena itu kami yakin untuk menjalankan proses ini dengan langkah-langkah selanjutnya," kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Rabu (10/1/2018).

"Alhamdulilah kami kemarin sudah bersurat dan berproses berapapun yang menjadi konsekuensi itu tentunya kami siap hadapi," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Anies, soal kesiapan Pemprov DKI menerima seluruh konsekuensi dari permintaan pembatalan HGB tiga pulau reklamasi tersebut. "Semua konsekuensinya kalau nanti sudah dibatalkan prosesnya, kami akan lakukan," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro

Apa Reaksi Anda?