• News

  • Megapolitan

Soal Banjir, DPRD DKI Minta Anies Lanjutkan Program Foke sampai Djarot

Banjir dii Kebon Pala, Jakarta Timur.
NNC/Anhar Rizki Affandi
Banjir dii Kebon Pala, Jakarta Timur.

JAKARTA, NNC - Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI William Yani mengatakan, pemimpin di ibukota sebelum Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, memiliki program penanggulangan banjir sangat baik dan terbukti hasilnya mampu mengurangi banjir di ibukota.

Adapun program yang dimaksudkan, seperti proyek Kanal Banjir Barat (KBB) dan Kanal Banjir Timur (KBT) yang dilakukan di era Gubenur Fauzi Bowo (Foke), kemudian program normalisasi sungai yang gencar dilakukan saat tiga gubernur periode 2012-2017, yaitu Joko Widodo (Jokowi), Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Djarot Saiful Hidayat.

"Program-program yang lama sudah bagus-bagus, tinggal diteruskan saja. Seperti waktu zaman Fauzi Bowo konsepnya kan jelas menangani banjir, Kanal Timur dan Kanal Barat," kata William kepada NNC, Jumat (9/2/2018).

"Kemudian waktu zaman Pak Jokowi, Ahok, Djarot jelas, bahwa yang dilakukan untuk menangani banjir yang dilakukan adalah normalisasi sungai dengan dilakukan relokasi," sambungnya.

Sementara di kepemimpinan Anies-Sandi, lanjut politisi PDIP itu, belum ada solusi atau langkah konkrit mengatasi banjir di Jakarta. Karenanya, ia menyarankan agar Anies-Sandi mau melanjutkan program-program yang dilakukan dari zaman Foke hingga Djarot.

"Segera lakukan sodetan Kali Ciliwung, kemudian normalisasi, lanjutkan Banjir Kanal Barat segera dibuat. Konsep Pak Fauzi itu dilaksanakan. Jadi gak usah pakai konsep baru yang belum jelas. Wujudkan saja Banjir Kanal Barat, melakukan sodetan, dan normalisasi itu," ujar Yani.

Sebelumnya, Anies-Sandi sempat menyinggung sejumlah rencana menanggulangi banjir di ibukota, seperti membuat sumur resapan, naturalisasi sungai, melanjutkan proyek sodetan, dan normalisasi yang berpihak pada rakyat. Namun hingga kini belum ada yang terealisasi.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Y.C Kurniantoro

Apa Reaksi Anda?