• News

  • Megapolitan

Soal Becak Listrik, Pengamat: Anies Telah Sesat Pikir dan Lecehkan Aturan

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah
Berita168
Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah

JAKARTA, NNC - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, mengkritisi sumbangan becak listrik dari Wakil Ketua Umum PAN Hanafie Rais kepada Pemprov DKI yang diterima langsung oleh Gubernur Anies Baswedan pada Minggu (11/3/2018).

Menurut Trubus, becak listrik yang dipamerkan Hanafi dan Anies adalah bentuk provokasi terhadap masyarakat, karena hal ini membuka peluang masuknya becak dari luar Jakarta.

"Kemarin Politisi PAN Dan gubernur Anis telah memprovokasi masyarakat Jakarta dengan mempertontonkan becak listrik kepada publik. Ini karena akan memancing masuknya becak dari luar Jakarta dan memperkeruh suasana publik ibukota di tahun politik," kata Trubus kepada NNC, Selasa (13/3/2018).

Padahal, Anies dalam berbagai kesempatan kerap menyebut jika rencana melegalkan moda transportasi roda tiga itu, hanya berlaku bagi becak yang sudah ada atau pernah beroperasi di ibukota, tanpa menambah jumlah.

"Gubernur telah sesat pikir, dimana sebelumnya menyatakan dengan tegas pemprov tidak akan menambah jumlah becak yang ada. Tetapi kedatangan politisi PAN yang membawa becak lustrik justru diterima di balaikota. Ada apa di balik itu semua?" Ujarnya.

Selain itu, ia juga berpendapat jika Anies terkesan mengabaikan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum melarang becak beroperasi di Jakarta.

"Gubernur Anies seakan mengabaikan dan melecehkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum melarang becak beroperasi di Jakarta. Perda itu seolah tidak pernah ada, Gubernur seolah-olah menganggap gagasan legalisasai becak beroperasi di wilayah Jakarta merupakan hal yang lumrah," tegas Trubus.

Sebelumnya, petinggi PAN yang juga putra politisi senior Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais, menyambangi Balai Kota Jakarta untuk menyumbang becak listrik kepada Pemprov DKI, pada Minggu (11/3/2018). Sumbangan becak listrik ini diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Alasan Hanafi menyumbang becak listrik seharga belasan juta itu, berkaitan dengan rencana Anies dan wakilnya Sandiaga Uno yang ingin menghidupkan kembali moda transportasi roda tiga itu di ibukota.

"Ketika Pemprov DKI pernah punya ide untuk menghidupkan kembali becak, ya tentu aturannya masih kita tunggu. Nah saya ingin menyambut peraturan tersebut dengan bentuk yang nyata yaitu menghadirkan becak listrik untuk Jakarta," kata Hanafi di Balai Kota Jakarta.

Gubernur Anies pun merespon positif, ia mendukung langkah Hanafi yang membuat becak listrik. "Kita ingin menghadirkan ide baru untuk Jakarta yaitu becak listrik, saya pribadi saya mendukung apa yang menjadi langka baik ini terima kasih," kata Anies.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?