• News

  • Megapolitan

Wagub Sandi: Isu Rumah DP Nol Sangat Seksi dan Diperbincangkan di Seluruh Indonesia 

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.
NNC/Adiel Manafe
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

JAKARTA, NNC - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, program rumah dengan down payment (DP) atau uang muka nol rupiah (Rp0) menjadi perbincangan hangat di seluruh Indonesia karena isunya sangat seksi.

Hal itu disampaikan Sandi dalam acara Sosialisasi dan Pendalaman Materi Pada Jurnalis Tentang Program Hunian program DP nol rupiah di Balai Kota, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

"Di data analisis kita bahwa (isu) rumah DP Nol Rupiah ini menjadi sangat seksi dan menjadi perbincangan bukan hanya di Jakarta tapi juga di seluruh Indonesia," kata Sandi. 

Sandi kemudian menjelaskan alasan dia dan Gubernur Anies Baswedan menggagas program rumah DP Rp 0, karena mereka melihat Jakarta kekurangan 302.019 unit hunian. 

"Jadi kalau dilihat, ini sudah berulang kali, saya akan memberikan penekanan, hanya setengah penduduk DKI yaitu sekitar 51 persen yang tinggal di rumah kontrakan," ucap dia.

"Nah ini yang kita ingin hadirkan bersama Pak Anies adalah keberpihakan pemerintah DKI Jakarta kepada rakyat yang ingin memiliki rumah yang terjangkau, khususnya bagi menengah ke bawah yang merupakan mayoritas dari warga Jakarta," sambungnya.

Lebih jauh politisi Gerindra itu menyebut, rumah DP 0 Rupiah ini didasarkan pada peraturan Bank Indonesia nomor 18/16/PBI/2016 tanggal 29 Oktober 2016 tentang loan to value atas KPR dan DP kendaraan bermotor. 

"Skemanya bekerja sama dengan kementerian PUPR, bank nasional yang telah menyediakan falisitas FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan)," paparnya.  

Seperti diberitakan, saat ini Pemprov DKI mulai membangun rumah DP 0 yang berlokasi di samping Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa, tepatnya di kawasan Klapa Village, Jalan H Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?