• News

  • Megapolitan

Merasa Dipersekusi Pengguna Kaos #2019GantiPresiden, Pria Ini Lapor Polisi

Pria bernama Stedi Repki Watung (36) melapor ke Polda Metro Jaya atas dugaan persekusi.
NNC/Toar Sandy Purukan
Pria bernama Stedi Repki Watung (36) melapor ke Polda Metro Jaya atas dugaan persekusi.

JAKARTA, NNC - Pria bernama Stedi Repki Watung (36) melapor ke Polda Metro Jaya atas dugaan persekusi yang diterimanya saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Jalan Sudriman-Thamrin pada Minggu 29 April 2018 kemarin. 

Stedi adalah satu dari beberapa pria berkaos #DiaSibukKerja yang tengah jalan sehat saat itu, namun dapat perlakuan tak menyenangkan dari massa berkaos #2019GantiPresiden.

Stedi lapor ke Polda Metro Jaya didampingi pengacaranya, Bambang Sri Pujo, Senin (30/4/2018).

"Bahwa peristiwa persekusi pada CFD hari Minggu 29 April itu adalah hal yang sangat memalukan bangsa Indonesia di mata dunia," ucap Bambang di Mapolda Metro Jaya, Senin (30/4/2018).

Untuk diketahui, Stedi adalah pria dalam video viral yang sempat diledek. Stedi disebut oleh massa berkaos #2019GantiPresiden, sebagai orang bayaran.

Selain Stedi, Bambang mengaku sebenarnya ada beberapa dari mereka yang juga mau buat laporan namun urung dilakukan karena masih trauma.

"Sebenarnya ada empat lagi tapi masih trauma," katanya.

Sementara Stedi menerangkan, saat itu dirinya sedang jalan sendiri melewati kerumunan kelompok berkaos #2019GantiPresiden. "Kemudian dari kelompok itu ada yang meminta membuka kaus yang saya gunakan," ujarnya.

Saat ditanya apa yang dilakukannya saat menghadapi intimidasi itu, ia mengaku, lebih memilih membiarkannya dan terus berjalan.

Saat membuat laporan, pelapor membawa alat bukti berupa video yang viral di YouTube. Laporan itu diterima dengan nomor LP/2363/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimum tanggal 30 April 2018.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video viral di media sosial Yuotube menunjukkan beberapa orang yang memakai kaus #2019GantiPresiden di acara Car Free Day Sudriman-Thamrin, Minggu 29 April 2018 pagi diduga mengintimidasi orang yang menggunakan kaus bertuliskan #DiaSibukKerja.

Dalam video berdurasi 2 menit 26 detik itu mereka yang memakai kaos #2019GantiPresiden nampak sempat menyoraki mereka yang memakai kaus #DiaSibukKerja. Mereka pun juga sempat menyawer dengan cara memberikan uang kepada mereka yang memakai kaus #DiaSibukKerja sambil bertanya 'Dibayar berapa sih?'.

Kemudian, ada pula seorang perempuan dengan kaos #DiaSibukKerja diduga juga dapat intimidasi. Dia membawa anak lelaki yang mana anaknya sempat menangis.

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?