• News

  • Megapolitan

Nilai Jual Saham DKI di Perusahaan Bir Ditaksir Rp1 Triliun, Anies Ungkap Pemanfaatannya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
NNC/Adiel Manafe
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

JAKARTA, NNC - Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan- Sandiaga Uno memastikan akan memenuhi janji kampanye mereka di Pilkada DKI 2017 lalu, untuk melepas saham 26,25 persen milik Pemprov DKI di perusahaan bir, PT Delta Djakarta Tbk. 

"Jadi 26,25 itu kita pasti dilepas jadi ini bukan akan tapi pasti dilepas. dan ini komitmen kita kemudian juga kita akan memanfaatkan dana yang nanti didapat dari penjualan saham ini untuk pembangunan," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/5/2018) malam WIB.

Menurutnya, pelepasan saham tersebut akan meminta persetujuan dari DPRD DKI. “Ini prosesnya nanti diperlukan persetujuan DPRD. Kita kirimkan suratnya kesana dan nanti kita jalani proses formalnya. Insya Allah, Insya Allah disetujui. Mudah-mudahan dalam waktu singkat ini bisa tuntas,” ucap dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan, jika perusahaan bir itu biasanya menyumbang dividen rata-rata Rp 38 miliar per tahun, namun jika saham itu dijual, maka Pemprov DKI akan mendapat dana segar sebesar Rp1 triliun. 

“Kalau kita ingin mendapatkan Rp 1 triliun dengan mempertahankan saham di Delta, mungkin kita perlu 30 tahun untu mendapatkan angka itu dari dividen. Karena itu, kita lepas saham itu,” pungkasnya.

Dijelaskan Anies, nilai Rp1 Triliun dari hasil penjualan saham tersebut, akan digunakan untuk pembangunan yang dampaknya akan langsung dirasakan oleh masyarakat. Seperti di bidang pendidikan, penciptaan lapangan pekerjaan dan program-program yang terkait dengan kesehatan.

“Jadi banyak sekali program kesejahteraan rakyat yang akan bisa kita lakukan melalui dana penjualan saham tersebut. Nanti secara spesifik akan kita susun melalui APBD Perubahan DKI,” terangnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?