• News

  • Megapolitan

Takbir Keliling, Sandiaga: Ini Sejarah

Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno merayakan malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijiriah.
NNC/Adiel Manafe
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno merayakan malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijiriah.

JAKARTA, NNC - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno merayakan malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijiriah di beberapa titik di ibukota, Kamis (14/6/2018) malam. Titik pertama yang disambangi, yakni di Masjid Jami’ At Taqwa, Jakarta Timur.

Sandi yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Andri Yansyah dan Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Hendra Hidayat, juga melaksanakan salat Isya di Masjid itu.

Kedatangan Sandi dan rombongan Pemprov DKI di Masjid Jami' At Taqwa, disambut warga sekitar dengan gemuruh takbir dan pukulan bedug yang sudah disiapkan di pelataran Masjid.

Empat buah bedug di halaman masjid dan satu bedug raksaksa diatas selasar masjid, ditabuh menyambut kedatangan Sandi.

Dalam sambutannya, Sandi mengajak warga mengucap syukur di Hari Raya Idul Fitri, setelah 30 hari melaksanakan puasa. Apalagi, lanjut Sandi, tahun ini terasa spesial karena dia dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa melakukan takbiran bersama masyarakat Jakarta.

“Ini sejarah, syukur kehadirat Allah, bahwa takbiran kita bisa keliling dengan Pak Gubernur untuk memuliakan suatu prosesi kemenangan atas hawa nafsu selama 30 hari kita melawan hawa nafsu seperti surat al Baqarah,” kata Sandi dilokasi.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu berharap, setelah menjalankan ibadah puasa, umat Islam dapat naik kelas dan mendapatkan kebahagiaan, serta meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Ramadan ini merupakan hari wisuda kita. Smoga kita jadi lebih umat yang bertaqwa kedepan. Hati-hati keselamatan dalam bertakbir. Malam takbiran bukan hanya sekedar gema gempita. Lanjutkan niat amanah Ramadan, semoga Allah temukan kita dengan Ramadan tahun depan,” ucap dia.

Setelah melaksanakan takbiran di Masjid Jami’ At Taqwa, Sandi beserta rombongan melanjutkan perjalannya ke Masjid Al Hidayah, Jakarta Utara.

Di salah satu masjid tertua di Jakarta Utara ini, Sandi disambut sejumlah tokoh masyarakat dan alim ulama Jakarta Utara. Selain itu, warga juga menyambut kedatangannya dengan alat musik hadroh yang dimainkan anak-anak sambil menyuarakan takbir.

Setelah melaksanakan takbiran di Masjid Al Hidayah, suami Nur Asia itu mengakhiri malam takbiran 1439 H di kawasan CNI dan Rusun Tambora, Jakarta Barat. Di sana ia bertemu Gubernur Anies yang juga merayakan malam takbiran keliling.


Reporter : Adiel Manafe
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?