• News

  • Megapolitan

Jawa Barat dan Jakarta Diprediksi Macet Saat Arus Balik

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan pada arus balik Jawa Barat dan Jakarta akan mengalami kemacetan.
Otonity
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan pada arus balik Jawa Barat dan Jakarta akan mengalami kemacetan.

JAKARTA, NNC - Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian menyampaikan, bagi masyarakat yang akan melakukan arus balik ke Jakarta dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, kemungkinan akan menemukan persoalan kemacetan di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

"Ini (arus balik-red) dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, ada persoalan di Jawa Barat dan DKI Jakarta, kecuali yang menggunakan jalur sumatera lain lagi, ini fokus Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Tito di Mapolda Metro Jaya, Kamis (14/6/2018).

Menurutnya, di wilayah Jawa Barat ada tiga titik rawan macet saat arus balik. Pertama, di Cipali, karena rest area kurang.

"Untuk itu sedang dirapatkan buat rest area atau maksimalkan rest area yang udah ada. Menurut, nambah toilet dan tempat makan dan lain-lain, kalau bisa gunakan punya penduduk," tutur Tito.

Kemudian di Gerbang Tol Cikarang Utama ada penyempitan jalan (bottleneck). "Jadi teknis sebagian keluar pantura, sebagian gunakan manajeman khusus di Cikarang Utama, teknis sedang dibicarakan," terangnya.

Selanjutnya persoalan ada di jalur Selatan Nagrek, karena jalurnya muter-muter. "Sudah ada komunikasi andong gak keluar, tapi dibayar oleh pemerintah ganti kompensasi, ada buka titik pospam, dan yang ketiga buka tutup dari Bandung menuju Tasik, nanti kalau lancar dibuka," jelas Tito.

Kemudian di Jakarta, akan dilihat arus di Gerbang Tol Cikarang Utama yang masuk ke Cawang banyak atau tidak. Nanti akan ada strategi untuk mengurai kepadatan tersebut.

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?