• News

  • Megapolitan

Jika GT Cikarut Padat Saat Arus Balik, Pintu Masuk Tol Dalam Kota Ditutup Sementara

Jika terjadi penumpukan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) saat arus balik, tol dalam kota akan ditutup sementara.
Industry
Jika terjadi penumpukan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) saat arus balik, tol dalam kota akan ditutup sementara.

JAKARTA, NNC - Pihak kepolisian telah menyiapkan strategi dalam menghadapi arus balik ke Jakarta dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Salah satu strateginya adalah menutup semua pintu masuk tol dalam kota, jika terjadi penumpukan kendaraan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut).

"Ini ada kapolda saya minta nanti lihat arus di Cikarang Utama yang masyk ke Cawang banyak atau tidak. Kalau banyak semua pintu tol gak ada boleh masuk, ditutup, yang lain lewar samping," ujar Kapolri, Jenderal Tito Karnavian di Jakarta, Kamis (14/6/2018).

Menurutnya, jika terjadi penumpukan di GT Cikarut, maka tol dalam kota yang menuju ke Cawang atau Warung Buncit, dan arah Tanjung Priok serta Cempaka Putih, hanya difungsikan untuk menguras kendaraan keluar.

"Begitu Cikarut dah beres semua dah keluar. Tiap titik tol ada yg bertanggung jawab. Jika Cikarut banjir, Cawang padat, kalau kita buka Cawang, bego kita jadi kita harus tutup," tambahnya.

Sebelumnya, ia menyampaikan, bagi masyarakat yang akan melakukan arus balik ke Jakarta dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, kemungkinan akan menemukan persoalan kemacetan di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Menurutnya, di wilayah Jawa Barat ada tiga titik rawan macet saat arus balik. Sementara di Jakarta, kemungkinan kemacetan terjadi di tol dalam kota.
   
   

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Lince Eppang

Apa Reaksi Anda?