• News

  • Megapolitan

Pengoperasian MRT Gunakan Gardu Taman Sambas Jakarta Selatan

PT MRT Jakarta menggandeng PT PLN dalam pengoperasian MRT.
okezone
PT MRT Jakarta menggandeng PT PLN dalam pengoperasian MRT.

JAKARTA, NNC - PT MRT Jakarta menggandeng PT PLN dalam pengoperasian MRT. Rencananya tenaga listrik dari gardu listrik PT PLN di Taman Sambas, Jakarta Selatan, akan digunakan untuk memasok kebutuhan listrik MRT.

Gardu ini merupakan gardu listrik bawah tanah pertama milik PT PLN. Demikian dikatakan General Manager PLN Distrik Jakarta Raya (Disjaya), Ikhsan Asaad.

Dirinya menyebutkan pemilihan pembuatan gardu dibawah tanah karena kesulitan mencari lahan, sementara kebutuhan listrik terus meningkat.

"Kebutuhan listrik kan meningkat, pertumbuhan juga terus naik. Indikator majunya bangsa kan karena konsumsi listrik," kata Ikhsan Asaad, Jumat (13/7/2018).

Dikatakannya, mengingat kebutuhan tersebut, PLN bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI membuat gardu di bawah tanah, dengan lokasi di bawah fasilitas umum.

"Nah, overload nih sudah, lahan susah. Saya sudah bilang ke Pak Anis untuk bisa bangun gardu induk di bawah fasilitas umum," ujar Ikhsan

PLN, lanjut Ikhsan, setiap tahunnya membangun sekitar 200 gardu seiring dengan pertumbuhan konsumsi listrik yang mencapai lima persen. Penambahan Gardu akan dilakukan secara bertahap.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Wulandari Saptono

Apa Reaksi Anda?